Tips Sederhana Turunkan Kolesterol Tinggi

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 Nov 2016 07:10 WIB
tips kesehatan
Tips Sederhana Turunkan Kolesterol Tinggi
?Tips Sederhana Turunkan Kolesterol Tinggi (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai macam cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Namun, tak semua orang mau melakukannya karena masih menjalani pola hidup tak sehat.

Kolesterol yang tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung, obesitas, kelumpuhan akibat stroke, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit lain.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktekkan untuk menurunkan kolesterol.


1. Konsumsi lebih banyak kacang-kacangan
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kacang-kacangan seperti almond dan kenari mengandung kolesterol naik sehingga secar aotomatis mengurangi kolesterol jahat.

2. Olahraga rutin
Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga minimal 20 menit secara rutin dapat menurunkan tingkat kolesterol secara drastis.

3. Kuatkan otot kaki
Melakukan olahraga yang sifatnya menguatkan tulang seperti squad dan lunge dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga 19 persen.

4. Konsumsi produk susu
Cara lain untuk menurunkan kolesterol adalah dengan meningkatkan konsumsi produk susu atau suplemen kalsium karena kedua makanan ini dapat membantu mengontrol kolesterol tinggi.

5. Konsumsi ikan secara reguler
Konsumsi ikan secara reguler dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol karena makanan ini mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3.

6. Konsumsi jus cranberi
Sebuah studi menemukan bahwa jus cranberi dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Rajin sarapan
Melewatkan sarapan dapat membuat kolesterol meningkat untuk beberapa jenis orang. Sebuah studi menemukan bahwa tingkat kolesterol baik dapat berkurang jika melewatkan sarapan.




(ELG)