3 Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Torie Natalova    •    Kamis, 13 Oct 2016 11:57 WIB
kesehatan
3 Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami
Menghirup napas panjang dan dalam serta mengeluarkannya bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dengan cara merelaksasi pembuluh darah. (Foto: Netdna-ssl)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diet dan olahraga terkadang tak juga mampu menurunkan tekanan darah Anda. Jika hal ini terjadi, Anda tak perlu panik karena menurut sebuah penelitian terbaru ada cara menurunkan tekanan darah bahkan tanpa mengonsumsi obat-obatan.

Sebuah penelitian dari American Heart Association menunjukkan ada alternatif menurunkan berat badan tanpa mengonsumsi obat dan juga mengubah pola makan.

"Beberapa metode yang terbukti menurunkan tekanan darah seperti olahraga dan diet rendah garam, bisa jadi sangat sulit untuk diikuti. Ada banyak informasi dan kesalahan info terkait alternatif penurunan tekanan darah tanpa minum obat," kata penulis studi Robert Brook dari University of Michigan.

(Baca juga: Vrksasana, Pose Yoga untuk Sembuhkan Tekanan Darah Rendah)

Berdasarkan hasil penelitian, ada tiga cara yang bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah secara alami.

1. Latihan menggenggam
Latihan handgrip isometrik seperti ketika Anda menekan bola stres, tidak hanya bisa meredakan stres, latihan genggaman ini bisa langsung meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk bersantai. 

Cobalah latihan selama dua kali meremas kemudian lepaskan lalu istirahat selama beberapa menit. Ulangi tiga kali dalam seminggu.

2. Perlahan, napas yang dalam
Menghirup napas panjang dan dalam serta mengeluarkannya bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga memudahkan darah mengalir dan membantu menurunkan tekanan darah. Coba untuk melakukan latihan napas selama 2 menit saat bersantai kapan pun.

3. Meditasi
Peneliti tidak mengetahui pasti mengapa meditasi bisa menurunkan tekanan darah. Tapi, peneliti berpikiran bahwa meditasi bisa mengurangi stres yang mampu membantu menyeimbangkan sistem saraf otonom yang bertanggungjawab membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap normal.

Meditasi transendental merupakan meditasi dengan metode mengulangi suara atau mantra dengan mata tertutup yang bisa efektif menenangkan Anda dari pikiran atau stres.










(TIN)

Video /