Ketahui Demam Pada si Kecil

Yatin Suleha    •    Rabu, 23 Nov 2016 08:00 WIB
kesehatan anak
Ketahui Demam Pada si Kecil
Jika suhu demam tidak turun setelah tiga hari, segera kunjungi dokter. (Foto: Gwcaia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika si kecil demam, Anda pastinya khawatir. Namun ada hal yang harus Anda ketahui bahwa demam pada si kecil menunjukkan bahwa tubuhnya bekerja untuk menyingkirkan virus atau bakteri.

Wendy Sue Swanson, MD, MBE, dokter anak dari Seattle Childrens, Amerika menjelaskan bahwa ketika anak Anda sakit, suhu yang meningkat umumnya menunjukkan bahwa tubuhnya bekerja untuk menyingkirkan virus atau bakteri.

(Baca juga: 8 Ciri Demam yang Disebabkan oleh Virus)

Itu berarti bahwa demam sebenarnya bisa menandakan terjadinya perlindungan dan produktivitas. Penelitian menemukan bahwa beberapa anak-anak yang demam selama terjadi infeksi virus akan lebih cepat sembuh daripada mereka yang tidak mengalaminya.

Kebanyakan dokter anak menganggap demam jika suhu mencapai di atas 38,3 atau 38,6 derajat Celsius. (Pada bayi 1-3 bulan, suhu 38 derajat Celsius tergolong demam, tapi segera beritahu dokter jika bayi Anda memiliki suhu di atas 37 derajat Celsius).

Kami juga memperhatikan bagaimana si kecil berperilaku, makan, dan yang paling penting berapa lamanya demam berlangsung. Dr. Sue menerangkan bahwa demam sampai tiga hari bisa jadi normal dengan adanya infeksi, terutama penyakit pernapasan ringan, tetapi jika suhu demam tidak turun setelah tiga hari, segera kunjungi dokter.






(TIN)