Mengenal Kanker Hati Langka yang Diderita Putra Michael Buble

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 17:16 WIB
kanker
Mengenal Kanker Hati Langka yang Diderita Putra Michael Buble
Michael Buble dan Noah (Foto: splash)

Metrotvnews.com, Jakarta: Putra penyanyi Michael Buble, Noah, telah diketahui menderita kanker hati di usianya yang baru menginjak 3 tahun. Penyakit kanker hati pada anak sebenarnya tergolong penyakit yang langka.

"Hanya ada 100 sampai 150 kasus baru kanker hati pada anak setiap tahunnya. Dari setiap 100 ribu anak-anak berusia di bawah 14 tahun, hanya dua hingga tiga yang memiliki beberapa jenis kanker hati," kata Dokter Anak Spesialis Kanker Howard M. Katzenstein dari Children's Healthcare of Atlanta.

Ada dua jenis kanker hati pada anak yakni, Hepatoblastoma dan Hepatocellular Carcinoma. Dr. Howard mengatakan, Hepatoblastoma biasanya terjadi pada anak di bawah usia 3 tahun. Sebuah tumor Hepatoblastoma ini sangat jarang, tingkat kelangsungan hidup penderita kanker ini cukup baik jika terdeteksi sejak awal.

Sedangkan Hepatocellular carcinoma merupakan jenis paling umum dari kanker hati pada orang dewasa. Ini biasanya dimulai dari hepatosit, yang merupakan tipe sel utama dari hati. Jenis kanker ini dapat terjadi pada semua usia tetapi lebih sering terjadi pada remaja dibandingkan pada anak-anak.

Penyebab kanker hati "Hepatoblastoma" pada anak

Menurut Dr. Howard, peneliti tidak mengetahui pasti semua penyebab kanker hati pada anak-anak. Tetapi, kanker hati ini lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki berat lahir sangat rendah. Selain masalah berat lahir, ada juga beberapa penyakit genetik langka yang berkaitan dengan hepatoblastoma.

Dilansir Everydayhealth, jumlah kasus hepatoblastoma telah meningkat dua kali lipat dalam 25 tahun terakhir di Amerika Serikat. Salah satu alasannya mungkin bahwa dokter saat ini lebih banyak menyelamatkan bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Sehingga, kasus kematian bayi akibat berat rendah menurun.

Penyebab kanker hati jenis Hepatocellular Carcinoma pada anak

Bagi orang dewasa, infeksi Hepatitis B atau Hepatitis C meruopakan faktor risiko terbesar menderita Hepatocellular Carcinoma. Di beberapa negara Asia, di mana penyakit Hepatitis B sering terjadi, penularan dari ibu ke anak adalah salah satu penyebab anak menderita kanker hati. Karenanya, sangat penting untuk melakukan vaksin Hepatitis B sejak bayi baru lahir.

"Ada beberapa penyakit genetik yang dapat merusak hati dan meningkatkan risiko Hepatocellular Carcinoma pada anak-anak. Tetapi, penularan virus Hepatitis B atau C sebagai penyebabnya pada anak-anak kurang umum terjadi di Amerika," terang Dr. Howard.

Gejala kanker hati pada anak

Gejala paling umum dari kanker hati pada anak-anak karena meningkatnya ukuran tumor. Beberapa gejala yang patut diwaspadai berisiko terhadap kanker hati seperti, benjolan atau pembengkakan di perut (yang mungkin tidak menyakitkan), berat badan rendah, nafsu makan buruk, mual dan muntah, pubertas dini pada anak laki-laki.

Pengobatan kanker hati pada anak

Hepatoblastoma lebih bisa diobati dan dapat disembuhkan dibanding hepatocellular carcinoma. Kesempatan terbaik menyembuhkan kanker hati pada anak adalah operasi. Kemoterapi juga bisa mengecilkan tumor yang tumbuh terlalu besar. Setelah kemoterapi pertama dilakukan, operasi menjadi jalan kedua untuk membersihkan tumor. Tingkat kesembuhannya pun mencapai 90 persen.

Sedangkan, kanker jenis Hepatocellular Carcinoma kurang responsif dengan kemoterapi. Sehingga tingkat kesembuhannya tidak sebesar Hepatoblastoma. Jika kanker hati tidak bisa disembuhkan lewat operasi, transplantasi hati menjadi cara terbaik untuk sembuh.

Penting untuk diingat bahwa penyakit kanker yang langka harus ditangani oleh tim medis dan dokter yang berpengalaman dalam menyembuhkan kanker hati pada anak. Meskipun kanker hati merupakan penyakit yang serius pada anak-anak, umumnya penyakit ini bisa berhasil diobati.




 


(ELG)