Cara Ini Dapat Membangunkan Anda Tanpa Alarm

Raka Lestari    •    Senin, 04 Jun 2018 14:23 WIB
kesehatan
Cara Ini Dapat Membangunkan Anda Tanpa Alarm
Dr Kansagra menjelaskan bahwa mendapatkan banyak cahaya terang di pagi hari membantu menjaga waktu tidur Anda sesuai jalurnya. (Foto: Kalegin Michail/Unsplash.com)

Jakarta: Umumnya orang-orang menggunakan alarm yang sudah di-setting sebelumnya untuk bisa membangunkan mereka di pagi hari. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa bangun tidur secara alami. Menurut Dr Benjamin Smarr, seorang ahli saraf bangun secara alami dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda.

"Bangun tidur secara alami lebih sehat karena Anda membiarkan tubuh dan otak menyelesaikan perbaikan sebelum membuat tubuh Anda kembali bekerja," katanya. Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa bangun tidur secara alami.

1. Memahami ritme sirkadian Anda
"Setiap manusia memiliki jam internal yang membuat kita merasa mengantuk atau terjaga pada waktu yang berbeda sepanjang hari," jelas Dr Sujay Kansagra, Ahli Kesehatan Tidur dari Mattress Firm, kepada Elite Daily. Ini dikenal sebagai ritme sirkadian.

Jika Anda terbiasa tidur di malam hari, Dr Kansagra mengatakan, mulailah untuk menyesuaikan waktu tidur Anda untuk membantu tubuh Anda bangun secara alami dan segar setiap pagi.

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)


("Bangun tidur secara alami lebih sehat karena Anda membiarkan tubuh dan otak menyelesaikan perbaikan sebelum membuat tubuh Anda kembali bekerja," ucap Dr Benjamin Smarr, seorang ahli saraf. Foto: Kalegin Michail/Unsplash.com)

2. Meminimalisir paparan cahaya buatan
Membatasi paparan cahaya buatan dapat membuat Anda lebih mudah menyesuaikan diri dengan siklus tidur alami Anda. "Jika Anda mengekspos diri ke cahaya dari televisi, ponsel pintar dan laptop di malam hari, otak Anda berpikir itu masih siang di luar," kata Dr Kansagra. "Kuncinya adalah dengan menghindari cahaya terang setidaknya 30 menit sebelum tidur untuk pagi yang lebih sehat bagi Anda."

3. Mendapatkan banyak cahaya terang di pagi hari
Dr Kansagra menjelaskan bahwa mendapatkan banyak cahaya terang di pagi hari membantu menjaga waktu tidur Anda sesuai jalurnya, terutama jika Anda harus bangun sangat pagi. "Coba dan sesuaikan jumlah cahaya dalam jadwal tidur Anda untuk membantu menciptakan rutinitas yang konsisten," katanya.

4. Membuat rutinitas tidur
"Melakukan rutinitas harian ketika Anda akan tertidur membuat tubuh Anda menganggap bahwa itu merupakan saatnya untuk tidur," ujar Dr Kansagra. Cobalah sesuatu yang enak dan mudah di malam hari, seperti mengenakan piyama Anda, melakukan sedikit meditasi, minum teh, dan mendengarkan musik yang menenangkan. Ini akan menjadi kebiasaan yang menjadi penanda waktu untuk tidur.

5. Konsisten
Jika tubuh Anda terbiasa bangun tanpa alarm, Anda harus terbiasa dengan kebiasaan baru itu. "Anda perlu melatih tubuh untuk tidur dan bangun pada waktu yang konsisten," kata Caleb Backe, seorang ahli kesehatan dan kebugaran.

Jika Anda berhasil mempertahankan pola tersebut selama sekitar dua minggu, otak Anda kemungkinan akan beradaptasi dengan jadwal baru ini dan Anda seharusnya dapat bangun pada waktu yang diinginkan secara alami.




(TIN)