Berapa Lama Alkohol Bertahan dalam Tubuh?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 13 Jul 2018 16:33 WIB
kesehatanminuman beralkohol
Berapa Lama Alkohol Bertahan dalam Tubuh?
Menurut NHS, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memecah alkohol atau anggur sebanyak 250 ml adalah sekitar tiga jam. (Foto: Michael Discenza/Unsplash.com)

Jakarta: Ada berbagai penelitian seputar dampak alkohol pada tubuh. Namun, berapa lamakah alkohol dapat bertahan dalam tubuh?

Pada dasarnya, durasi alkohol bertahan dalam darah tergantung pada berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, dan kecepatan metabolisme. 

Selain itu, beberapa hal seperti jumlah makanan yang diasup, apakah sedang mengonsumsi obat, kesehatan liver, dan jenis alkohol yang diminum pun berpengaruh. 

Menurut NHS, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memecah alkohol atau anggur sebanyak 250 ml adalah sekitar tiga jam. Sementara, untuk satu pint (sekitar 473 ml) alkohol bertahan dalam tubuh sekitar dua jam. 


(Pada dasarnya, durasi alkohol bertahan dalam darah tergantung pada berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, dan kecepatan metabolisme. Foto: Adam Jaime/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Penyebab Seseorang Kecanduan Alkohol)

Jika Anda mulai mengonsumsi alkohol pada sore hari dan terus berlanjut hingga tengah malam, maka efeknya bisa bertahan hingga keesokan harinya. 

Sementara itu, alkohol umumnya bertahan dalam urin selama 12-36 jam. Bahkan, tes paling canggih dapat menemukan alkohol dalam urin hingga 80 jam setelah berhenti minum. 

Alkohol juga dapat dideteksi pada napas selama 24 jam setelah minum dan dapat dideteksi di rambut hingga 90 hari sesudahnya.




(TIN)