Pentingnya Melakukan Vaksinasi pada Anak

Raka Lestari    •    Selasa, 17 Jul 2018 09:00 WIB
vaksinasi
Pentingnya Melakukan Vaksinasi pada Anak
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek dan dinas terkait dalam acara Ekspose Pembangunan Kesehatan Gorontalo. (Foto: Dok. Kemenkes)

Jakarta: Imunisasi terutama pada anak-anak merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. Imunisasi sendiri dapat menjadi suatu proteksi terhadap penyakit dan biasanya dilakukan secara bertahap. 

“Imunisasi itu adalah proteksi untuk suatu penyakit, biasanya dilakukan satu demi satu misalnya saja rubella. Imunisasi dilakukan agar terbentuk antibodi di dalam tubuh,” ujar Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek, dalam acara Ekspose Pembangunan Kesehatan Gorontalo, Senin, 16 Juli 2018. 

Ia juga menambahkan jika terkena rubella, seorang anak bisa mengalami kecacatan seperti kebutaan, tuli, bahkan sampai penyakit pada jantung. 

(Baca juga: Virus Rubella Tak Boleh Renggut Masa Depan Anakku)


(Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek, dalam acara Ekspose Pembangunan Kesehatan Gorontalo, Senin, 16 Juli 2018. Foto: Dok. Kemenkes)

Muhammad Subuh, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan mengatakan, “Tidak ada cara lain untuk membangkitkan kekebalan tubuh manusia selain dengan memberikan imunisasi terhadap penyakit-penyakit tertentu.” 

“Kunci utamanya adalah peran daripada leader. Ada gubernur, wakil gubernur, kepala dinas, dan yang lainnya melalui kesepakatan dari para pimpinan,” ujar Subuh. 

Indonesia sendiri memang masih mengimpor beberapa bahan baku dalam pembuatan vaksin, salah satunya adalah vaksin rubella. “Bahan bakunya memang masih ada yang impor, salah satunya yaitu dari India,” ujar Nila. 




(TIN)