Cara Mencegah Jerawat di Bokong

Raka Lestari    •    Rabu, 09 May 2018 07:00 WIB
kesehatan kulit
Cara Mencegah Jerawat di Bokong
Penyebab utama terjadinya jerawat pada bokong adalah karena keringat dan lecet yang mungkin terjadi ketika sedang menggunakan legging pada saat gym dengan ketat. (Foto: Sonnie Hiles/Unsplash.com)

Jakarta: Jerawat umumnya muncul di wajah atau punggung. Namun ternyata jerawat pun bisa tumbuh di bokong Anda. Dan jerawat pada bokong tidaklah sama seperti jerawat yang muncul di wajah. 

"Jerawat pada bokong biasanya bukanlah benar-benar jerawat melainkan folliculitis yang merupakan infeksi ringan pada folikel rambut yang mengarah ke benjolan merah dan jerawat nanah," jelas Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis divisi dermatologi di Moun Sinai Hospital New York. 

Penyebab utama terjadinya jerawat pada bokong adalah karena keringat dan lecet yang mungkin terjadi ketika sedang menggunakan legging pada saat gym dengan ketat. Dilansir dari Womenshealth.com di bawah ini adalah cara-cara untuk mencegah jerawat di bokong. 

(Baca juga: Konsumsi Alkohol Sebabkan Jerawat dan Kulit Kusam?)

1. Mandi setelah berolahraga 
"Mandi segera mungkin setelah berolahraga dapat membantu menghilangkan keringat, minyak, dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit," kata Zeichner. "Duduk dengan pakaian basah Anda dapat meningkatkan risiko jerawat pada bokong." Gunakan sabun lembut yang secara efektif menghilangkan kotoran tanpa mengganggu lapisan kulit luar. 


("Mandi segera mungkin setelah berolahraga dapat membantu menghilangkan keringat, minyak, dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit," kata Zeichner. Foto: Luke Stackpoole/Unsplash.com)

2. Gunakan benzoil peroksida
Ketika sedang mandi, usapkan bagian bokong Anda dengan pembersih yang mengandung benzoil peroksida. "Benzoil peroksida dapat efektif dalam mengobati jerawat dan folikulitis sejati karena memiliki sifat antimikroba (bakteri penangkal) untuk membantu mendisinfeksi area tersebut," kata Zeichner.

"Anda bisa menggunakan pembersih muka Anda yang mengandung benzoil peroksida lalu mengaplikasikannya beberapa lama di bokong Anda sebelum kemudian membilasnya."

3. Membuka pori-pori dengan asam salisilat
Anda juga dapat mencegah jerawat pada bokong Anda dengan menggunakan pembersih atau pengobatan asam salisilat. Zeichner mengatakan asam hidroksi beta ini dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan mengelupaskan sel-sel kulit mati sehingga mereka tidak terperangkap dalam pori-pori dan folikel Anda. 

4.  Menggunakan asam glikolat
"Mirip dengan asam salisilat dan asam laktat, asam glikolat sangat membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan memperbaiki jerawat," kata Zeichner. "Ini juga memiliki manfaat dengan mencerahkan bintik-bintik hitam yang dapat berkembang menjadi jerawat atau folikulitis." 

5. Gunakan pelembap
Meskipun Anda mungkin menganggap mengoleskan losion akan menyumbat pori-pori Anda bahkan lebih, itu tidak terjadi jika Anda menggunakan pilihan losion yang mengandung asam laktat.

"Asam laktat adalah asam alfa hidroksi yang membantu menghidrasi kulit dan mengelupas sel-sel mati," kata Zeichner. Dan ketika Anda menyingkirkan sel kulit kering, itu membantu mencegah terjadinya jerawat pada bokong. 





(TIN)