Trik Menyingkirkan Lingkaran Gelap di Sekitar Mata

   •    Jumat, 06 Apr 2018 15:30 WIB
kecantikankesehatan mata
Trik Menyingkirkan Lingkaran Gelap di Sekitar Mata
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Salah satu persoalan yang sering dihadapi kaum hawa adalah penampakan mata panda atau lingkaran gelap yang mengelilingi mata. Bagi sebagian besar wanita kondisi mata panda dinilai menganggu penampilan.

Melansir Khaleejtimes, Beauty Blogger asal Uni Emirat Arab Sabeen Farooq mengatakan umumnya ada tiga hal yang membuat seseorang mengalami mata panda; genetik, kebiasaan tidur yang buruk, dan pigmentasi.

Menurut Sabeen, jika mata panda berasal dari faktor genetik dan sudah terjadi sejak kecil hal itu tak menjadi masalah. Hanya saja berita buruknya tidak ada krim yang bisa membantu menyingkirkan itu.

"Berita baiknya kamu tidak perlu membeli produk perawatan kulit yang mahal. Cukup samarkan dengan color corrector dan concealer," katanya, Jumat, 6 April 2018.

Untuk memaksimalkan penampilan, kata Sabeen, pastikan wajah masih dalam kondisi lembab terutama di area bawah mata sebelum mengaplikasikan color corrector dan concealer. "Terpenting, jangan gunakan color corrector atau concealer untuk menyamarkan jerawat," katanya.

Sabeen mengatakan jika lingkaran gelap di mata yang terjadi karena faktor genetik bisa ditangani dengan krim perias wajah, lain hal dengan kondisi yang diakibatkan buruknya kualitas tidur.

Mata panda akibat kurang tidur biasanya tidak terlalu gelap dan tipis cenderung transparan. Sebab lainnya, mungkin sebagian besar produk kecantikan yang digunakan juga berkontribusi membuat lingkaran gelap di mata anda.

Menurut Sabeen lingkaran gelap di bawah mata akibat kurang tidur disebabkan karena terganggunya sirkulasi darah di jaringan lunak bawah kulit. Kualitas tidur yang buruk disebut memengaruhi sirkulasi darah. 

"Cara tepat menghilangkannya adalah memperbaiki pola tidur dan selalu pastikan tubuh mendapat waktu yang cukup untuk tidur," ungkap Sabeen.

Perlu diketahui, mata panda akibat kurang tidur tidak bisa dipulihkan hanya dengan perias wajah. Produk color corrector atau concealer hanya memberikan efek 20-30 persen menghilangkan mata panda anda.

"Nutrisi yang tepat dan manajemen tidur yang baik akan membantu kamu memerangi lingkaran gelap itu," katanya.

Penyebab terakhir mata panda adalah pigmentasi di sekitar mata. Mungkin anda pernah mendengar melanositosis, faktor ini juga menjadi penyebab lain terjadinya lingkaran gelap di sekitar mata. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau muncul seiring dengan bertambahnya usia.

"Mungkin juga kamu menderita hiperpigmentasi karena peradangan atau alergi yang bisa disebabkan obat-obatan seperti obat tetes glaukoma atau estrogen oral," kata Sabeen.

Selain dampak pengobatan, paparan sinar matahari langsung juga dapat memperburuk pigmentasi kulit. Yang perlu diperhatikan, jangan lupa mengaplikasikan krim tabir surya di sekitar mata setiap kali hendak beraktivitas di luar ruangan.

"Karena para peneliti menyebut salah satu temuan sel kanker berasal dari paparan sinar matahari terhadap kulit yang tidak dioleskan tabir surya," jelas dia.




(MEL)