Apakah Selai Kacang Baik untuk Anda?

Raka Lestari    •    Rabu, 13 Jun 2018 07:18 WIB
kesehatan
Apakah Selai Kacang Baik untuk Anda?
Taub-Dix mengatakan idealnya selai kacang yang sehat harus dibuat hanya dengan kacang dengan tambahan bahan lainnya yang minumin. (Foto: Christine Siracusa/Unsplash.com)

Jakarta: Selai kacang adalah salah satu bahan makanan yang hampir ada di setiap rumah. Hal ini karena selain rasanya yang enak, selai kacang bisa jadi olesan roti yang praktis untuk sarapan.

Namun sayangnya, banyak yang mengatakan bahwa selai kacang memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat banyak sehingga terkadang orang pun ragu untuk menambahkan selai kacang dalam makanan mereka. 

Dikutip dari Women's Health, dalam dua sendok makan selai kacang mengandung 191 kalori, 7 gram protein, 16 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 2 gram serat, 4 gram gula, dan 5 mg sodium.  

"Kacang-kacangan dan selai kacang, termasuk selai kacang, dianggap sebagai sesuatu yang buruk sejak lama karena dianggap dapat menyebabkan kegemukan," kata Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta BetterThanDieting.com. 

Tetapi lemak dalam makanan Anda bukanlah musuh, terutama ketika menyangkut selai kacang, kata Taub-Dix. "Sebenarnya, itu bisa membuat Anda lebih kenyang dan menghentikan Anda dari mengemil hal-hal buruk." 

Pemberian protein yang tinggi juga membantu rasa kenyang di tubuh Anda. Cobalah untuk tetap menggunakan ukuran porsi dua sendok makan, sehingga Anda tidak meningkatkan secara drastis jumlah kalori harian Anda. 


(Pemberian protein yang tinggi juga membantu rasa kenyang di tubuh Anda. Cobalah untuk tetap menggunakan ukuran porsi dua sendok makan, sehingga Anda tidak meningkatkan secara drastis jumlah kalori harian Anda. Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Sepotong Keju Setiap Hari Bantu Kurangi Peluang Penyakit Jantung)

Dalam hal kesehatan, studi menghubungkan kacang dengan tingkat kolesterol yang lebih rendah terutama LDL (atau kolesterol "jahat").

Kacang juga telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar gula darah dengan membantu tubuh menyerap karbohidrat lebih lambat yang menjadi salah satu keuntungan penting bagi mereka yang menderita diabetes. 

Terlebih lagi, makan kacang secara langsung sebenarnya dapat membantu orang memertahankan penurunan berat badan dari waktu ke waktu dan mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan mereka.

Meskipun demikian, banyak selai kacang yang terdapat banyak gula, sodium, atau aditif, sehingga Taub-Dix merekomendasikan untuk memeriksa daftar bahan serta label nutrisi. 

Taub-Dix mengatakan idealnya selai kacang yang sehat harus dibuat hanya dengan kacang, semakin kecil daftar bahan tambahannya, semakin baik. Hal ini untuk memastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak kalori atau lemak ke makanan yang secara alami sudah baik. 





(TIN)