Empat Cara Tetap Fokus di Kantor Meski Sedang Dilanda Masalah

Raka Lestari    •    Senin, 22 Oct 2018 18:22 WIB
kesehatan mental
Empat Cara Tetap Fokus di Kantor Meski Sedang Dilanda Masalah
(Foto: Latestly)

Jakarta: Tidak mudah berkonsentrasi apabila Anda sedang mengalami tekanan pikiran. Itu artinya, Anda harus memiliki strategi untuk tetap bisa bekerja secara profesional ketika sedang dilanda masalah. 

Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda tetap fokus di kantor meski Anda sedang mengalami banyak masalah. 

1. Memisahkan kehidupan pribadi dengan profesional

Jika Anda tidak dapat memisahkan antara pekerjaan kantor dan kehidupan pribadi, hal itu dapat membuat Anda lebih sulit berkonsentrasi.

"Ketika Anda pulang kerja, sebaiknya benar-benar tinggalkan pekerjaan Anda," ujar konsultan utama di Bamboo Mental Health.

"Ini berarti mematikan ponsel kantor Anda. Seperti laptop, kita perlu mematikan dan mengisi daya. Sangat penting untuk tidak mendapat telepon dari kantor ketika Anda akan tidur."

2. Tidak melewatkan waktu istirahat

Beberapa orang yang stres acapkali melewatkan istirahat dan menenggelamkan diri pada pekerjaan. Padahal, istirahat makan siang dapat meningkatkan produktivitas dan sangat penting bagi mereka yang mengalami masalah mental. 

3. Membuat daftar hal-hal yang harus Anda lakukan

Usahakan untuk menuliskan daftar apa saja hal-hal yang harus Anda lakukan setiap harinya. Dengan memecah tanggung jawab Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, pekerjaan-pekerjaan Anda mungkin akan terasa lebih ringan. Dan ketika Anda berkonsentrasi pada tugas-tugas yang lebih spesifik maka Anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan. 

4. Bersantai di jalan pulang kerumah

Gunakan perjalanan pulang kerumah untuk benar-benar melupakan masalah pekerjaan karena Anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Jika memungkinkan, Anda bisa bersepeda atau berjalan pulang untuk mendapatkan sedikit udara segar.  Jika Anda menggunakan transportasi umum, gunakan waktu untuk membaca buku, atau mendengarkan musik yang dapat memotivasi Anda menjadi lebih baik. 



(DEV)