Usia Jadi Masalah Terbesar Kesuburan Seorang Wanita

Torie Natalova    •    Sabtu, 20 Oct 2018 08:18 WIB
kesuburan
Usia Jadi Masalah Terbesar Kesuburan Seorang Wanita
Usia Jadi Masalah Terbesar Kesuburan Seorang Wanita (Foto: gettyimages)

Jakarta: Tidak semua pasangan suami istri dengan mudah langsung mendapatkan keturunan. Usia, dikatakan menjadi "musuh" utama seorang wanita untuk memiliki anak.

Dokter spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas, Satin Patel mengatakan, seorang wanita sebaiknya tidak menunda kehamilan terlebih jika usianya tidak lagi muda. Infertilitas juga tidak hanya masalah wanita karena sepertiga infertilitas disebabkan oleh laki-laki, dan usia pria juga bisa memainkan faktor.

Ketika seorang wanita datang ke dokter untuk program kehamilan, Satin mengatakan dokter biasanya akan melakukan pengecekan terhadap sejarah keluarga dan fisik, kemudian menganalisis hormon termasuk tes anti-mullerian hormon untuk menentukan berapa banyak sisa sel telur pada wanita.

Jika sisa sel telur tidak banyak, seorang wanita akan disarankan untuk cepat hamil. Jika wanita tersebut masih cukup muda dan dia tidak berovulasi karena gangguan hormonal seperti sindrom ovarium polikistik, obat-obatan dalam bentuk pil kesuburan dapat merangsang ovulasi kembali lancar.

Dalam banyak kasus, seperti pada wanita yang telah berusia tua, jika saluran telur terblokir dan pasangannya memiliki jumlah sperma rendah, fertilisasi in vitro (IVF) menjadi cara pertama yang direkomendasikan dokter untuk segera hamil.

Ketika Anda semakin tua, pasokan sel telur terus berkurang dan tubuh tidak dapat menghasilkan telur baru, tidak seperti laki-laki yang dapat terus membuat sperma baru sepanjang hidupnya. Satin Patel juga mengatakan bahwa pola makan dan kesehatan menyeluruh, adalah faktor kesuburan yang penting.

Olahraga teratur, menjaga berat badan tetap stabil, makan makanan utuh yang sehat, membatasi makanan olahan dan mengurangi stres, terbukti dapat meningkatkan sperma pria dan tidak mengganggu siklus ovulasi seorang wanita.



 


(ELG)