Konsumsi Ikan Turunkan Risiko Alergi pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Nov 2016 20:09 WIB
kesehatan anak
Konsumsi Ikan Turunkan Risiko Alergi pada Anak
Konsumsi Ikan Turunkan Risiko Alergi pada Anak (Foto: boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi ikan yang berlemak selama masa kehamilan atau menyusui dapat menurunkan risiko alergi makanan, asma, eksima, dan demam pada anak.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang diperkenalkan pada ikan dan telur, sumber utama asam omega 3, sebelum berusia 11 bulan memiliki risiko terkena alergi lebih rendah.

"Konsumsi ikan dalam keluarga terlihat mengurangi risiko alergi," ujar Karin Jonsson dari Chalmers University of Technology di Swedia, dalam sebuah pernyataan.

Anak-anak yang makan telur, ikan, dan tepung di awal masa kehidupan mendapatkan keuntungan teraebut karena mereka memiliki kandungan asam omega 3 lebih tinggi dalam darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat lahir, dan saat berusia 4 bulan, anak-anak menjadi sehat karena memiliki proporsi asam omega 3 bernama asam eicosapentaenoic lebih tinggi dalam darah.

"Tingkat koresponden berdasarkan asupan ibu pada ikan berlemak. Ibu dari anak dengan kandungan omega 3 yang tinggi dalam darah makan abnyak ikan swlama hamil dan laktasi, dan kita juga bisa melihat buktinya dari air susu yang dikeluarkan," jelas Karin Jonsson.


 


(ELG)