Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 29 Dec 2016 16:55 WIB
kamus kesehatan
Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dibandingkan darah tinggi, penyakit darah rendah kurang mendapat perhatian. Padahal, penyakit ini memengaruhi sebagian besar populasi manusia di seluruh dunia.

Penderita tekanan darah rendah seringkali menganggapnya gejala sebagai pusing atau mual biasa.

Para ahli mengungkapkan, penyakit ini tak kalah berbahaya seperti darah tinggi. Pada beberapa kasus, darah rendah menjadi sinyal adanya gangguan pada hati, endokrin, atau kelenjar di otak, hormon, atau neurologis.

Bahkan, tekanan darah rendah kronis bisa memblokir oksigen dan nutrisi penting yang mengalir ke otak. Oleh karena itu tekanan darah rendah tidak boleh dianggap remeh.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa alasan seseorang mengalami tekanan darah rendah, yaitu dehidrasi, kehamilan, masalah jantung, dan kekurangan nutrisi.

Ada beberapa solusi untuk meningkatkan tekanan darah, yaitu meningkatkan asupan garam. Namun, berkonsultasilah terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai obat.

Tekanan darah rendah juga dapat diatasi dengan minum lebih banyak air untuk mencegah dehidrasi.

Meminum secangkir kopi hitam konon dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, pertimbangkan kembali terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan. Cara lain, yakni dengan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki atau berenang.


(DEV)