Paparan Asap Rokok Selama Kehamilan Bisa Tingkatkan SIDS

Yatin Suleha    •    Kamis, 17 Nov 2016 13:10 WIB
kehamilan
Paparan Asap Rokok Selama Kehamilan Bisa Tingkatkan SIDS
Studi sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang merokok selama kehamilannya lebih mungkin mengembangkan infeksi pada bayinya. (Foto: Slate)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para peneliti kembali lagi menemukan satu penemuan, yaitu paparan asap rokok dapat meningkatkan SIDS pada bayi.

Sebuah studi menemukan bahwa ibu hamil yang terpapar asap rokok selama kehamilannya bisa meningkatkan risiko SIDS (sudden infant death syndrome/sindroma kematian bayi mendadak)

(Baca juga: Konsumsi Obat Anti-depresan Saat Hamil Sebabkan Gangguan Bicara Pada Anak)

Sebuah studi yang memakai percobaan tikus yang selama hamil terpapar asap rokok bereaksi pada respons pernapasannya juga fungsi kekebalan tubuh anaknya.

Respons kekebalan serta pernapasannya menjadi buruk oleh suhu lingkungan. Paparan ini dipublikasin dalam American Journal of Physiology -- Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, 15 November lalu.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang merokok selama kehamilannya lebih mungkin mengembangkan infeksi pada bayinya. Studi juga menyatakan bahwa paparan asap rokok bisa menekan fungsi kekebalan tubuh pada bayi yang bisa meningkatkan SIDS.






(TIN)