Manfaat Mengobrol Dengan Bayi

Yatin Suleha    •    Senin, 14 Nov 2016 17:51 WIB
perkembangan anak
Manfaat Mengobrol Dengan Bayi
Pengulangan membantu bayi mengingat kata-kata, ketika belajar hubungan antar bahasa. (Foto: Sciencenews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penelitian menyebutkan bahwa bayi yang diajak berbicara oleh orangtuanya jarang mendapatkan nilai tes bahasa yang jelek.

Dalam penelitian ditemukan, bahwa para ibu ternyata tiga kali lebih sering mengajak ngobrol bayi mereka yang baru lahir dibandingkan dengan para ayah. Begitu kata sebuah studi. Disampaikan bahwa para ibu memang cenderung berinteraksi secara verbal dengan bayi perempuan, sementara para ayah cenderung lebih menanggapi celotehan bayi laki-laki.

(Baca juga: Bayi yang Sering Diajak 'Ngobrol' Miliki Masa Depan Cerah)

Namun, ayah dan ibu, ada baiknya apa pun jenis kelamin bayi Anda, teruslah ajak si kecil mengobrol. Betty Vohr, MD, dokter anak di Women & Infants Hospital - Rhode Island mengatakan bahwa mengobrol dengan bayi merupakan hal yang penting bagi otak dan perkembangan bahasanya.

Lain lagi kata Prof. Anne Fernald, psikolog perkembangan dari Stanford University, mengatakan bahwa mengobrol dengan bayi membantu bayi memahami aturan dan irama berbahasa di usia dini. Dan ini merupakan pondasi mereka dalam membangun pemahaman bagaimana dunia ini bekerja.

Pengulangan membantu bayi mengingat kata-kata, ketika belajar hubungan antar bahasa, seperti "kuda menarik gerobak", membantu mereka dalam menggambarkan bentuk dan porsinya ketika ia menginjak usia sekolah nanti.






(TIN)