Diet Mediterania Kurangi Risiko Kanker Payudara Hingga 68 Persen

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 07 Oct 2017 12:13 WIB
kanker payudara
Diet Mediterania Kurangi Risiko Kanker Payudara Hingga 68 Persen
Diet Mediterania Kurangi Risiko Kanker Payudara Hingga 68 Persen (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa pola makan Mediterania dengan tambahan minyak zaitun extra virgin dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Pola makan Mediterania umumnya didominasi makanan sayuran, ikan, dan minyak zaitun.

"Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa diet Mediterania yang disuplementasi dengan minyak zaitun murni adalah pencegahan utama dari kanker payudara," demikian menurut studi.

Miguel Martinez-Gonzalez dari University of Navarra di Pamplona, Spanyol menganalisa dua efek intervensi pada diet Mediterania, yaitu dengan tambahan minyak zaitun extra virgin (EVOO) atau kacang-kacangan, dibandingkan dengan wanita yang mengikuti diet rendah lemak.

Para partisipan diberi satu liter EVOO dalam seminggu atau dicampur dengan kacang-kacangan sebanyak 30 gram per hari.

Penelitian tersebut dilakukan dari tahun 2003-2009 dengan melibatkan 4.282 wanita berusia 60-80 tahun yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Mereka secara acak melakukan diet Mediterania dengan suplementasi EVOO, diet Mediterania dengan suplementasi kacang-kacangan, atau diet terkontrol untuk mengurangi asupan lemak.

Setelah lima tahun, terdapat 35 partisipan yang terkonfirmasi terkena kanker payudara ganas.

Wanita yang melakukan diet Mediterania dengan suplementasi EVOO mengalami penurunan risiko 68 persen terkena kanker payudara ganas dibandingkan mereka yang melakukan diet kontrol.

Sementara, kelompok diet Mediterania dengan suplementasi kacang-kacangan menunjukkan risiko penurunan yang tak signifikan dengan kelompok diet terkontrol.



 


(ELG)