5 Langkah agar Terhindar dari Paparan Bahan Kimia

Torie Natalova    •    Kamis, 07 Dec 2017 12:33 WIB
tips kesehatan
5 Langkah agar Terhindar dari Paparan Bahan Kimia
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Salah satu penyebab kanker yang seringkali diremehkan, terutama di negara maju yakni bahan kimia lingkungan. Ada sekitar 20 bagan kimia yang dikaitkan dengan kanker meski masih membutuhkan penelitian yang lebih
akurat.

Setiap bulannya, ratusan produk baru yang mengandung nanopartikel diperkenalkan. Padahal, bahan kimia seperti nanopartikel baru sedikit bukti keamanannya karena masih tergolong bahan baru.

Sebagian besar bahan kimia termasuk bahan kimia yang ada pada industri, misalnya karbon hitam, pestisida, asap pengelasan, bahkan tabir surya.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri dari bahan kimia yang mungkin dapat memicu kanker.

1. Pakai saringan air

Saringan air produksi terbaru cukup canggih dan dapat menghilangkan berbagai macam kontaminan seperti atrazin, kloroform, dan bahan kimia industri lain.

2. Mengonsumsi makanan organik

Dengan cara ini, Anda tidak hanya menghilangkan paparan terhadap pestisida berbahaya seperti atrazin, tetapi juga sebagai upaya mendukung sistem makanan yang tidak akan mencemari persediaan air.

3. Bawa wadah kopi dan makanan sendiri

Setiap kali Anda makan atau minum dari wadah busa, Anda berisiko terkena styrene, bahan kimia yang dapat keluar dari bahan plastik ketika bersentuhan dengan makanan panas.

4. Gunakan antibakteri alami

Studi menunjukkan bahwa triclosan, bahan utama antibakteri dan pembersih dapat bereaksi dengan klorin dalam air Anda untuk kemudian membentuk klorofom. Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa air hangat dan sabun sama efektifnya dalam membersihkan kuman sebagai pengganti sabun anti bakteri.

5. Cuci pakaian sendiri

Dengan mencuci pakaian sendiri, Anda dapat mengetahui jenis detergen yang digunakan sehingga dapat terhindar dari menghirup
aroma manis dari perchlorethylene, pemicu asma dan sakit kepala.




(DEV)