Pentingnya Menghindari Peradangan dalam Tubuh

Torie Natalova    •    Senin, 23 Oct 2017 07:52 WIB
kesehatan
Pentingnya Menghindari Peradangan dalam Tubuh
Sebagian besar pemicu peradangan tersebut berada di bawah kendali Anda. (Foto: Autumn Goodman/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dari 10 penyebab utama kematian di Amerika, delapan di antaranya berkaitan langsung dengan masalah yang sama yakni peradangan. Peradangan jangka panjang dan pendek dapat bertahan di semua sel serta jaringan. Ini merupakan pemain kunci dalam segala hal mulai dari jerawat, psoriasis, insomnia, radang sendi hingga lupus. 

Peradangan dapat muncul tanpa menimbulkan gejala yang jelas, sehingga seringkali orang yang sakit tak menyadari bahwa penyebab rasa sakitnya dari peradangan. Mengubah pola makan dan menjalani gaya hidup yang sehat adalah cara untuk mencegah peradangan terjadi.

Meskipun berbagai faktor akan menentukan respons peradangan dalam tubuh seperti genetika, faktor gaya hidup dan riwayat kesehatan Anda, namun faktor eksternal juga memiliki peran.

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat memicu peradangan seperti makanan olahan, makanan kemasan, makanan cepat saji, lemak tidak sehat, kurang makan buah dan sayuran, paparan racun lingkungan dan polusi, stres kronis, merokok, kurang tidur dan usia lanjut.



(Baca juga: Kopi Kurangi Risiko Peradangan pada Lansia)

Sebagian besar pemicu peradangan tersebut berada di bawah kendali Anda. Ini artinya Anda dapat mengendalikan sendiri makanan yang dihindari dan yang harus diperbanyak untuk dikonsumsi. Pada dasarnya, banyak penyebab peradangan kronis terkait gaya hidup dan ini berarti kekuatan Anda untuk menjaga dan mencegah penyakit ada di tangan Anda sendiri.

Kemudian, sebagian besar penyebab utama peradangan kronis adalah tentang nutrisi. Makanan memainkan peran yang sangat kuat sebagai penyebab peradangan kronis. Untuk menjaga kondisi optimal kesehatan, berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah peradangan.

1. Jauhi semua makanan olahan, kemasan dan makanan cepat saji

2. Singkirkan lemak trans sepenuhnya dan jaga lemak jenuh seminimal mungkin

3. Jangan makan terlalu banyak gula

4. Makan buah dan sayuran segar yang banyak

5. Hindari paparan racun dan polutan sebisa mungkin

6. Jauhi merokok

7. Olahraga atau pastikan tubuh bergerak setiap hari

8. Kurangi stres dan cukup tidur










(TIN)