Amankah Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud ?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 29 Nov 2017 15:29 WIB
tips & trik
Amankah Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud ?
Banyak orang menggunakan cotton bud atau kapas telinga untuk membersihkan indera pendengaran dari kotoran (Foto: Men's Health)

Jakarta: Banyak orang menggunakan cotton bud  atau kapas telinga untuk membersihkan indera pendengaran dari kotoran. Padahal, kotoran tersebut memiliki fungsi tersediri.

"Kotoran telinga atau disebut cerumen bertujuan menjaga kulit tetap lembab dan menghalangi infeksi," ujar Ana Kim, ahli otolaringologi di Columbia Doctors dan profesor otolaringologi di Columbia University Medical Center.

Alih-alih membersihkan, kapas telinga justru dapat mendorong kotoran telinga semakin ke dalam dan memberi dampak buruk seperti kehilangan pendengaran karena gendang telinga tertekan oleh kotoran.

Selain itu, kulit pada bagian dalam telinga yang halus juga rentan pecah karena terdorong kapas telinga sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam saluran pendengaran. Akibatnya, kemungkinan infeksi semakin besar.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar?

Sama dengan bagian tubuh lain, mengelap bagian luar dengan lembut. Anda tak perlu membersihkan bagian dalam sama sekali karena kotoran akan keluar dengan sendirinya.

"Secara alami, telinga dapat membersihkan permukaan sendiri. Sehingga bersihkan saja bagian luar, yang tak mudah rusak. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan kotoran atau penumpukan ekstrenal," tukas Kim.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan tersebut adalah ketika kotoran telinga menimbulkan gangguan yang cukup parah, seperti gangguan pendengaran akibat adanya penyumbatan. Namun, bukan berarti kapas telinga bisa digunakan.

Anda bisa mencoba cara paling sederhana dengan meneteskan cairan telinga khusus ke telinga untuk menggumpalkan kotoran telinga dan mengeluarkannya. Namun, mengunjungi dokter adalah pilihan terbaik.





(DEV)