Benarkah Rahim Wanita Membesar Ketika Haid?

Torie Natalova    •    Kamis, 05 Oct 2017 11:10 WIB
kesehatan
Benarkah Rahim Wanita Membesar Ketika Haid?
(Foto: MD Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah foto di media sosial menjadi sorotan karena menunjukkan perbedaan ukuran rahim selama perempuan mengalami haid dan ketika tidak haid. Dalam foto disebutkan inilah yang menyebabkan perut terasa berat atau nyeri ketika haid datang.

Lantas, apakah ukuran rahim benar-benar meningkat atau tumbuh dua kali dari kondisi normalnya?

Menurut dokter kandungan Sherry Ross, rahim dalam kondisi normal biasanya berukuran seperti buah pir. Rahim kemungkinan akan membesar tetapi tidak melampaui dua kali lipat ukuran buah pir.

Saat haid, rahim akan mengembang 10-15 persen. Kondisi ini terjadi karena ketika haid, lapisan rahim yang akhirnya mengeluarkan darah mengental sehingga menyebabkan rahim membengkak.

Rahim Anda juga bisa membesar karena darah Anda mengalir ke sana untuk membantunya melakukan tugasnya.
Selain itu, wanita memang akan merasakan sensasi yang lebih berat saat lapisan rahim mengental dan aliran darah meningkat.

Sementara itu, Dr Sherry mengatakan beberapa wanita mengalami buang air kecil lebih sering selama haid ketika rahim mulai menekan kandung kemih.

Mungkin saja Anda akan merasa lebih berat di area perut selama haid karena kenaikan progesteron yang menyertainya sehingga menyebabkan retensi cairan dan kembung. Inilah perasaan yang membuat rahim terasa didorong keluar.

 


(DEV)