Cara Mengatasi Perasaan Sedih Saat Liburan

Raka Lestari    •    Rabu, 27 Dec 2017 13:03 WIB
kesehatan mental
Cara Mengatasi Perasaan Sedih Saat Liburan
"Salah satu cara paling efektif untuk melewati liburan adalah dengan memperhatikan diri sendiri," menurut Rhonda O'Neill, dokter anak dan penulis buku The Other Side of Complicated. (Foto: Ethan Sykes/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi sebagian orang, momen liburan menjadi sesuatu hal yang menyedihkan. Entah itu karena mereka tidak bisa melewatinya bersama orang-orang tercinta, atau karena ada kenangan-kenangan buruk yang terjadi selama liburan, dan ketika momen liburan datang bisa mengingatkan kembali kenangan buruk tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi perasaan tersebut, dimana biasanya saat liburan merupakan momen yang dinantikan oleh banyak orang. Berikut adalah tips untuk menghadapinya menurut Rhonda O'Neill, dokter anak dan penulis buku The Other Side of Complicated dikutip dari Huffingtonpost.com.

Liburan menjadi saat-saat paling menyedihkan dan bisa membuat Anda mengalami rasa kecewa dan kesedihan yang tinggi atau bahkan ketakutan akan masa yang akan datang.

Seringkali, kita bahkan tidak menyadari betapa rapuhnya hati kita selama musim liburan. Rasa sakit dan kesedihan yang kita rasakan sangat besar dan terkadang kita merasa sulit untuk menemukan kebahagiaan. 

"Setelah bertahun-tahun ini saya sampai pada kesimpulan bahwa salah satu cara paling efektif untuk melewati liburan adalah dengan memperhatikan diri sendiri. Jagalah hati Anda sebagaimana Anda menjaga pemberian yang berharga," ujar O'Neill.

(Baca juga: 5 Manfaat Menulis untuk Kesehatan Mental)

Kelilingi diri Anda dengan keluarga atau teman yang bisa berempati dengan rasa sakit yang Anda rasakan. Berbicaralah dengan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda sedang berjuang untuk mengatasinya. Terkadang hanya dengan bercerita kepada seseorang sudah dapat meringankan sebagian besar beban di dalam hati.

Jika Anda tidak memiliki orang yang mengerti Anda, berikanlah dukungan kepada diri sendiri. Jadikan diri Anda sebagai prioritas, pedulikan diri Anda sendiri. Tulislah pesan kepada diri Anda sendiri, katakan pada diri sendiri betapa bangganya Anda sehingga Anda melewati masa-masa sulit ini. Catat apa saja yang telah Anda lalui selama ini. 

Tenangkan diri Anda untuk menghadapi semua ini, yang terpenting jangan pernah lupa bahwa cinta yang Anda bagikan kepada orang-orang terkasih Anda tidak akan pernah hilang. Itu akan selalu menjadi milik Anda dan cinta itulah yang bisa membantu Anda mengatasi masa-masa sulit ini juga.










(TIN)