Penelitian: Pria Botak Lebih Cerdas, Sukses dan Maskulin

Torie Natalova    •    Minggu, 21 May 2017 10:49 WIB
studi kesehatan
Penelitian: Pria Botak Lebih Cerdas, Sukses dan Maskulin
The Rock, salah satu aktor berkepala plontos (Foto: Menshealth)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pria berkepala botak cenderung dianggap kurang menarik. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa pria dengan kepala botak seringkali terlihat lebih sukses dan dominan dibanding pria berambut tebal.

 
Menurut penelitian 2012, wanita juga cenderung menemukan pria yang tak berambut lebih kuat dan lebih berkuasa. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Albert E. Mannes di University of Pennsylvania ini mengumpulkan informasi dari 59 subyek dengan menunjukkan beberapa foto pria.
 
Sebagian besar peserta melaporkan bahwa mereka melihat pria botak secara keseluruhan lebih menarik. Inilah satu penjelasan yang mungkin dijadikan daya tarik dalam penelitian yakni pria botak lebih sukses atau setidaknya berbuat lebih aktif.
 
Pria yang botak ini tidak hanya tampak lebih sukses tapi juga tampil lebih cerdas. Menurut sebuah studi di Universitas Saarland, pria botak biasanya berusia lebih tua dan cenderung dilihat oleh wanita sebagai sosok yang lebih cerdas dan bijak.
 
Kondisi ini tidak berlaku bagi pria yang hanya memiliki sebagian atau setengah kepala botak. Pria hanya tampak lebih cerdas, atraktif dan sukses jika kepalanya benar-benar botak secara menyeluruh. Sedangkan pria yang hanya botak sebagian cenderung lebih lemah atau kurang atraktif.
 
 



(DEV)