Tips agar Bumil Tetap Sehat di Musim Hujan

Nia Deviyana    •    Rabu, 30 Aug 2017 14:46 WIB
tips kesehatan
Tips agar Bumil Tetap Sehat di Musim Hujan
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kekebalan tubuh kerap tidak stabil ketika musim hujan tiba, membuat Anda lebih mudah tertular penyakit. Keadaan menjadi bertambah buruk ketika Anda sedang hamil, karena umumnya bumil memiliki sistem imun yang lebih rendah.

Beberapa tips berikut ini bisa dilakukan bumil agar tetap sehat meski cuaca sedang tidak bagus.

1. Pakai pakaian yang tepat

Hindari memakai pakaian yang membuat Anda tidak nyaman. terutama jika kehamilan telah memasuki trimester akhir. Lebih disarankan untuk memakai pakaian berbahan katun yang agak longgar di area perut.

"Hindari memakai pakaian yang terbuat dari kain sintetis karena tak bisa menyerap keringat dengan baik, membuat kulit ruam, gatal, dan kemerahan," ujar Dr Bandita Sinha, ginekolog dan dokter kandungan rumah sakit di Mumbai, dilansir dari The Health Site.

2. Jaga kebersihan tubuh

Pastikan Anda mandi dua kali sehari untuk menjaga agar tubuh tetap segar dan bersih. Jika tidak memungkinkan untuk mandi, Anda bisa menggunakan tissue basah untuk menyeka keringat dan kotoran.

Selain itu, penting untuk mencuci tangan dengan air hangat sebelum Anda menyentuh makanan, terutama jika Anda habis bepergian di luar.

3. Pakai alas kaki yang tertutup

Infeksi bisa datang dari mana saja ketika Anda hamil. Jadi pastikan Anda memakai alas kaki tertutup untuk menghindari cipratan air jalanan yang becek. Serta selalu membasuh kaki dengan air hangat untuk menjaga kaki bebas kuman.

4. Minum banyak air

Salah satu cara agar Anda tetap sehat pada musim panas maupun hujan adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minum air dengan jumlah yang cukup juga bisa menangkal sakit kepala, mual, kelelahan, atau pusing.

5. Jangan jajan sembarangan

Kehamilan membuat Anda harus selektif memilih makanan. Hindari membeli makanan di pinggir jalan karena belum tentu higienis.




(DEV)