5 Kesalahan Perawatan Kulit Berminyak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Aug 2017 15:02 WIB
tips & trik
5 Kesalahan Perawatan Kulit Berminyak
(Foto: Wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kulit berminyak paling rentan terkena jerawat. Oleh karena itu, perawatannya pun harus tepat. Namun ada kala, meskipun perawatan sudah rutin dilakukan, jerawat membandel masih saja muncul di wajah.

Jika demikian, apa yang salah?

Dilansir dari The Health Site, ada beberapa hal yang menyebabkan kulit Anda berjerawat meski sudah rajin membersihkannya.

1. Membersihkan terlalu bersemangat

Setelah beraktivitas seharian penuh, membersihkan wajah adalah salah satu hal yang pasti dilakukan. Sayangnya, kebanyakan orang dengan kulit berminyak membersihkan wajah terlalu bersemangat dimana mereka justru meenggunakan produk yang cenderung mengeringkan wajah dari minyak alami. Akibatnya, kulit menjadi kering dan iritasi.

2. Mengobati minyak

Bagian paling berminyak adalah zona T (dahi dan hidung). Namun bukan berarti Anda merawat seluruh wajah sama dengan pada zona T. Bisa jadi kulit Anda adalah tipikal kombinasi dimana pada bagian yang kering membutuhkan lebih banyak kelembapan.

3. Tidak melembapkan

Memiliki kulit berminyak tak berarti tak membutuhkan pelembap. Ketika kulit tak diberi pelembap, maka kulit akan mengkompensasi kekeringan tersebut dengan memproduksi lebih banyak minyak.

4. Sering mencuci wajah

Banyak orang berkulit berminyak berpikir bahwa merkea perlu mencuci wajah beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi minyak. Faktanya, hal tersebut justru menghilangkan minyak alami. Oleh karena itu, lebih baik tetap mencuci muka secara wajar.

5. Terlalu banyak gunakan produk perawatan

Menggunakan terlalu banyak produk perawatan tidak baik bagi semua jenis kulit. Selain itu, hindari mengganti produk terlalu sering dan jangan menggunakan pembersih lebih dari dua kali sehari.




(DEV)