5 Efek Kepedasan pada Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 24 Aug 2017 11:20 WIB
kesehatan pencernaan
5 Efek Kepedasan pada Tubuh
Makanan pedas dapat membuat perut kembung dan sakit perut semakin parah. Jadi, ketika asam dalam perut mulai naik, sebaiknya segera berhenti makan pedas. (Foto: Jonathan Niederho/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang ketagihan dengan rasa pedas sehingga membiarkan makanan pedas tersebut terus masuk ke mulut. Alhasil, tubuh pun akan bereaksi. Berikut adalah beberapa efek yang timbul ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas.

1. Panas dalam perut semakin menjadi
Makanan pedas dapat membuat perut kembung dan sakit perut semakin parah. Jadi, ketika asam dalam perut mulai naik, sebaiknya segera berhenti makan pedas. Tambahkan yogurt dan krim asam untuk mengurangi efek rasa pedas tersebut.



2. Membuat gerak dalam perut semakin cepat
Konsumsi pedas terlalu sering dapat mengakibatkan iritasi dan mempercepat gerakan organ yang berhubungan dengan pencernaan. Capsaicin dalam lada dapat berfungsi sebagai pencahar dan membuat Anda lari ke kamar mandi.

(Baca juga: Manfaat Tersembunyi dari Konsumsi Makanan Pedas)



3. Mengiritasi bibir
Jika Anda menyentuh kelopak mata setelah makan pedas, maka bagian tersebut akan terasa panas. Hal tersebut juga berlaku pada mulut, bahkan bisa memgakibatkan iritasi. Oleh kerena itu, bersihkan bibir lalu oleskan pelembap bibir setelah makan makanan pedas dan panas agar keaehatan bibir tetap terjaga.



4. Mengurangi sensititas pada indera perasa
Makanan pedas dan panas dalam jangka panjang dapat menumpulkan sensitivitas indera pengecap.



5. Membuat berkeringat
Konsumsi makanan pedas dapat membuat tubuh berkeringat. Kandungan capsaicin dalam makanan tersebut meningkatkan suhu tubuh. 












(TIN)