Manfaat Mangikuti Seminar Kesehatan Bagi Calon Ibu dan Ayah

Amaluddin    •    Minggu, 30 Jul 2017 18:55 WIB
kesehatan
Manfaat Mangikuti Seminar Kesehatan Bagi Calon Ibu dan Ayah
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Surabaya: Sekitar 30 tahun Prenagen sudah mengadakan kegiatan Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) di beberapa kota di Indonesia. Kegiatan PPEJ ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait masalah kehamilan baik kepada calon ibu maupun calon ayah.


Kali ini, Prenagen menggelar kegiatan PPEJ di Kota Surabaya, tepatnya di Gedung Dyandra Convention Centre, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Minggu, 30 Juli 2017. Acara yang mengusung tema “Prenagen Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat” ini dihadiri oleh beragam peserta. Tidak hanya dari kalangan ibu hamil, ibu tidak hamil, peserta peremuan yang belum berkeluarga, juga para calon ayah turut serta dalam acara tersebut.


Artinya, kegiata PPEJ ini tidak hanya sekadar memberikan manfaat bagi para ibu hamil saja, melainkan lebih bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam menekan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia. Sehingga setiap orang baik yang sedang hamil maupun tidak, juga perlu mendapatkan edukasi terkait masalah kesehatan baik pada masa pra kehamilan, kehamilan dan menyusui.


Tentu, para peserta akan mendapat banyak ilmu dan manfaat dalam mengikuti kegiatan PPEJ tersebut. Sebab, suatu saat semua calon orang tua akan dihadapkan pada proses kehamilan. Baik yang dialami sendiri maupun saat mengurus orang yang sedang hamil.


"Salah satunya ilmu cara menjaga tumbuh kembang anak," kata dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K), di sela mengisi acara PPEJ.


Menurut Herbowo, untuk bisa menjaga tumbuh kembang anak harus mengetahui cara agar anak bisa tumbuh berkembang dengan sehat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. "Tumbuh secara internal, yakni genetik, ras,usia, jenis kelamin. Juga bisa tumbuh secara eksternal, yakni dengan nutrisi, lingkungan, penyakit, dan stimulasi," kata Herbowo.


Faktor internal akan tumbuh dengan sendirinya. Lain halnya dengan faktor eksternal yang harus didorong melalui nutrisi saat janin dalam kandungan atau setelah melahirkan. Nutrisi bisa diberikan kepada janin melalui ibu hamil (konsumsi susu), sedangkan nutrisi bagi bayi yang sudah dilahirkan bisa diberikan melalui Air Susu Ibu (ASI). "Nutrisi untuk anak yang baru lahir yang terbaik adalah ASI, karea nutrisi ASI ini sangat mempengaruhi pembentukan system saraf pusat si kecil," ujarnya.


Menurut Herbowo, dalam ASI terkandung laktosa dan berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Kemudian ASI juga terkandung kolostrum penunjang pembentukan mielin (selubung penghantar impuls). "Oleh karena itu ,untuk membentuk anak yang sehat dan cerdas harus dimulai dari masa kehamilan dan menyusui," kata Herbowo.


Prenagen sendiri bisa membantu memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran Ibu di setiap tahap kehamilan, rangkaian produk Prenagen dengan formula Prenapro memang dirancang khusus sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI) dengan varian terlengkap untuk minuman khusus ibu hamil dan menyusui sebagai solusi nutrisi Ibu dan Janin diawal 1.000 Hari Pertama Kehidupan.


(DEV)