Batuk dan Serak Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Pertanda Kanker Payudara

Torie Natalova    •    Minggu, 18 Jun 2017 11:23 WIB
kesehatan
Batuk dan Serak Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Pertanda Kanker Payudara
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berdasarkan data statistik yang diperoleh Breastcancer.org, 12 persen wanita di Amerika mengembangkan kanker payudara dalam hidup mereka. Menurut data tersebut, kanker payudara adalah kanker kedua terbesar yang paling sering dialami wanita setelah kanker kulit.

Meski terdengar mengerikan, kabar baiknya adalah kanker payudara pada stadium 1 dan 2 biasanya dapat disembuhkan dengan perawatan yang benar. Itu artinya, penting untuk mengetahuinya sedini mungkin.

Untuk mengetahui gejala kanker payudara, Anda harus mengetahui beberapa gejalanya seperti berikut ini.

1. Benjolan di payudara

Penelitian menunjukkan bahwa survivor kanker payudara menemukan kanker dari pemeriksaan sendiri yang dilakukan tanpa sengaja. Wanita harus mengecek payudara mereka setidaknya satu bulan sekali untuk mengetahui kondisi normal payudara Anda sendiri. Jika ada yang berbeda, Anda pasti akan segera mengetahuinya. Benjolan bisa berbentuk seperti bola hingga penebalan jaringan payudara.

2. Sakit atau nyeri di payudara

Meskipun benjolan sering tidak terasa nyeri, tetapi sakit pada payudara mungkin merupakan pertanda masalah serius. rasa sakit ini berbeda dengan yang Anda alami sebelum atau selama haid. Nyeri bisa terjadi pada kanker payudara jika ada tumor yang mendorong jaringan sehat atau jika Anda memiliki jenis kanker payudara yang jarang terjadi atau inflamasi.

3. Payudara mengempis

Payudara memang dapat mengempis seiring bertambahnya usia. Tetapi, jika Anda melihat payudara mendadak datar atau ada lekukan di jaringan payudara, cobalah temui dokter. Jenis perubahan pada jaringan payudara bisa mengindikasikan tumor yang tidak dapat dilihat atau dirasakan.

4. Bentuk puting berubah atau keluar

Perubahan bentuk puting yang tidak normal dan mendadak merasakan sakit di area puting atau keluarnya cairan dari puting, ini bisa terjadi karena kanker payudara sering dimulai pada saluran penghasil susu sehingga puting susu lebih terpengaruh daripada bagian payudara lainnya.

5. Memiliki banyak tahi lalat

Wanita yang memiliki tahi lalat lebih mungkin terkena kanker payudara menurut sebuah penelitian terbaru. Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki tahi lalat sangat banyak kemungkinan 13 persen lebih besar terkena kanker payudara meski hasilnya belum meyakinkan dilihat dari faktor lainnya.

6. Perubahan dalam buang air besar

Jika Anda tiba-tiba mengalami sembelit, pastikan untuk melihat gejala lainnya. Sebuah penelitian menemukan hubungan antara wanita yang mengalami sembelit dan peningkatan risiko kanker payudara. Wanita yang memiliki tiga atau lebih pergerakan usus per hari atau sering buang air besar, memiliki 46 persen penurunan risiko pengembangan kanker payudara dibanding wanita yang hanya buang air besar satu kali sehari.

7. Batuk atau suara serak yang tidak hilang

Beberapa gejala kanker payudara mungkin menunjukkan bahwa penyakit ini telah berkembang. Ini mungkin merupakan gejala segala bentuk kanker, tapi bagi wanita gejala ini penting untuk diketahui. Suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh bisa berarti bahwa kanker payudara telah menyebar ke paru-paru, yang merupakan salah satu tempat paling umum untuk penyebaran kanker payudara.


(DEV)