Ini Cara Makan Malam yang Sehat Menurut Pakar Nutrisi

Torie Natalova    •    Senin, 05 Jun 2017 14:28 WIB
nutrisi
Ini Cara Makan Malam yang Sehat Menurut Pakar Nutrisi
Makan malam tak selalu membutuhkan persiapan yang rumit dan sulit. Praktis adalah yang terbaik dan yang paling dibutuhkan adalah makanan utuh dan segar. (Foto: Pinterest/Barefeetinthekitchen)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nutrisi bagi setiap orang berbeda-beda karena kebutuhan untuk masing-masing tubuh juga berbeda. Pada dasarnya, nutrisi yang baik adalah tentang keseimbangan.

Orang yang ingin menurunkan berat badan dengan diet ketat sering mengabaikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Padahal, kesehatan adalah yang paling utama untuk Anda.

Ada kebiasaan yang dilakukan oleh para ahli nutrisi saat makan malam dan membantu mereka tetap bugar setiap hari seperti berikut ini.

(Baca juga: Waktu Makan Malam yang Tepat untuk Kesehatan)



1. Mengatur makanan di piring Anda
Sangat penting untuk mengatur makanan yang akan Anda konsumsi. Karena pada dasarnya adalah tentang keseimbangan, maka pakar nutrisi menyarankan untuk Anda makan secara seimbang protein, sayuran, karbohidrat dan lemak sehat saat makan malam. 



2. Memilih makanan sehat
Memuaskan selera Anda dengan makanan sehat terkadang tidak dapat dilakukan karena rasa atau tidak suka dengan makanan tersebut. Anda dapat merencanakan makanan yang dikonsumsi selama seminggu. 

Anda pun dapat mengonsumsi makanan yang tidak sehat hanya untuk sesekali demi kepuasan selera. Cara ini diakui pakar nutrisi dapat berguna dan mengurangi Anda dari rasa membenci makanan tertentu.



3. Masak sehat

Anda tak memiliki waktu untuk memasak saat tiba di rumah? Pastikan Anda memasak makanan sehat dengan cara yang mudah dan cepat. Anda bisa memasak sayuran panggang seperti kentang, tauge, atau jamur. Pastikan Anda mengonsumsi protein favorit Anda untuk makan malam yang sehat juga mengenyangkan.



4. Pilih makanan yang praktis
Makan malam tak selalu membutuhkan persiapan yang rumit dan sulit. Praktis adalah yang terbaik dan yang paling dibutuhkan adalah makanan utuh dan segar. 



5. Pintar mengganti bahan makanan
Anda suka dengan pizza? Kalori yang ada dalam topping pizza dapat memicu kenaikan berat badan terutama jika dikonsumsi saat makan malam. 

Anda bisa membuat pizza sehat dengan tambahan protein dan serat untuk membantu Anda kenyang lebih lama. Roti untuk pizza sebaiknya pilih yang tipis untuk mengurangi nilai karbohidratnya.






(TIN)