Ingatlah Hal-hal Ini agar Bisa Memaafkan Orang Lain

Raka Lestari    •    Rabu, 13 Sep 2017 08:00 WIB
psikologi
Ingatlah Hal-hal Ini agar Bisa Memaafkan Orang Lain
Ingatlah hal-hal ini agar kita bisa memaafkan sikap mereka terhadap kita. (Foto: H Ng Nguy N/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memaafkan orang lain mungkin bisa dibilang merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Namun ada hal-hal yang tidak dapat dihiraukan, dalam menghadapi orang-orang yang berbuat jahat kepada kita. Ingatlah hal-hal ini agar kita bisa memaafkan sikap mereka terhadap kita tersebut.

Pertama, kita harus berpikir mengapa orang itu bisa sampai hati melakukan hal-hal yang tidak baik tersebut. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh orang lain pasti memiliki alasan di balik sikapnya tersebut.



Mereka menjadi seperti itu mungkin karena ada kekurangan selama selama mereka hidup, atau karena suatu keadaan yang tidak bisa mereka pilih sendiri.

Orang yang bersikap sombong mungkin merasa bahwa dengan menjadi seseorang yang rendah hati akan membuat mereka harga diri mereka diinjak-injak.

(Baca juga: Sifat Memaafkan Buat Anda Panjang Umur)

Di balik setiap kekurangan atau kesalahan yang dilakukan oleh orang-orang sekitar kita ada trauma tertentu yang dihadapi seseorang sampai mereka bisa mengatasi rasa trauma tertentu sehingga membentuk mereka dan meninggalkan sikap negatif pada diri mereka.



Kedua, cobalah perhatikan sikap Anda. Mungkin saja ada beberapa sikap Anda yang menyinggung pribadi teman Anda sehingga mereka melakukan hal negatif terhadap Anda.

Atau jika memang kita sudah bersikap baik namun tidak mendapatkan balasan yang sama, cobalah untuk memaafkan.

Kita harus memaafkan, karena mungkin bukan sekarang, nantinya pun pasti kita akan melakukan kesalahan dan akan meminta maaf dari orang lain. Memang sulit untuk memberikan rasa maaf kepada orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Namun hal itu perlu dilakukan dan akan membawa kebaikan juga bagi kita baik di masa sekarang atau di masa depan.










(TIN)