Waktu Makan Malam yang Tepat untuk Kesehatan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Sep 2016 10:56 WIB
kesehatan
Waktu Makan Malam yang Tepat untuk Kesehatan
Waktu Makan Malam yang Tepat untuk Kesehatan (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makan malam dua jam sebelum tidur dapat membuat tubuh tersadar penuh sehingga tekanan darah tidak beristirahat sepanjang malam dan meningkatkan risiko pada jantung.

Para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk makan malam sebelum pukul 19.00 untuk memberikan waktu pada tubuh istirahat. Makan terlambat dapat menyebabkan kerusakan pada jantung lebih parah dibandingkan pola diet tinggi garam.

Kardiologis di universitas Turki mempelajari lebih dari 700 pria dan wanita dengan tekanan darah tinggi untuk melihat perbedaan jumlah makan dan konsistensi pola makan pada kesehatan mereka.

Makan malam yang terlambat ternyata memiliki dampak paling signifikan pada tekanan darah di malam hari. Mereka dua kali lipat lebih mudah terkena hipertensi karena tekanan tidak menurun di malam hari.

Tekanan darah seharusnya turun sebanyak 10 persen, namun hampir 25 persen dari responden yang makan dua jam sebelum tidur tidak mengalaminya di malam hari, dibandingkan 14,2 persen responden yang makan lebih cepat.

Makan terlambat meningkatkan produksi hormon stres seperti adrenalin dan ritme sirkadian. Mereka yang melewatkan sarapan juga memiliki gangguan dalam hal tekanan, namun masih lebih kecil dibandingkan makan belakangan.

Dr Ebru Ozpelit, profesor kardiologi dari Dokuz Eylul University si Izmir, mengungkapkan bahwa kehidupan modern dan beberapa hal seperti pencahayaan buatan membuat orang makan belakangan dan kebiasaan makan tak menentu.

"Kita harus menentukan frekuensi dan waktu ideal saat makan karena bagaimana kita makan sama pentingnya dengan apa yang kita makan," tukasnya dalam sebuah kongres di Roma.

 


(ELG)