Selain Lidah Buaya, 4 Bahan Alami Ini Efektif Menghilangkan Jerawat di Punggung

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 04 Jul 2018 18:04 WIB
kecantikan
Selain Lidah Buaya, 4 Bahan Alami Ini Efektif Menghilangkan Jerawat di Punggung
(Foto: Body Buiding)

Jakarta: Jerawat yang tumbuh di punggung menyebabkan rasa tak nyaman. Sama seperti wajah, punggung memiliki kelenjar sebasea yang mengeluarkan sebum (zat berminyak). 

Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kulit dan rambut halus tetap lembab, serta melindungi kulit dari bakteri. Namun, kadang kelenjar ini memproduksi sebum berlebih dibarengi dengan sel kulit mati dan bakteri, sehingga menyumbat folikel rambut. Akibatnya tumbuhlah jerawat. 

Tapi tak usah khawatir, jerawat yang tumbuh di punggung ini bisa diberantas dengan beberapa bahan alami seperti berikut ini. 

1. Aloe Vera

Tanaman serbaguna ini memiliki kandungan antimikroba gel alami yang tak hanya efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, tetapi juga menyembuhkan kulit rusak seerta mengurangi jaringan parut jerawat. Anda bisa menghilangkan jerawat di punggung dengan aloe vera, caranya dengan membelahnya menjadi beberapa bagian dan oleskan pada area yang terkena jerawat. Gunakanlah dua kali sehari.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan akibat jerawat, sekaligus melembabkan. Anda hanya perlu mengoleskan pada bagian yang tumbuh jerawat sebelum tidur dan dibilas dengan air keesokan paginya.

3. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat dan asam lainnya yang bisa meringankan, memperbaiki kulit, dan mempercepat penyembuhan jerawat. Gunakan yogurt tawar lalu oleskan pada area yang terkena jerawat, diamkan 15 menit dan bilas dengan air.

4. Putih telur

Telur putih dikenal kaya akan protein. Kulit membutuhkan protein ini untuk membangun jaringan baru guna menghilangkan bekas luka. Oleskan putih telur pada area jerawat, lalu bilas dengan air.

5. Tomat

Buah ini mengandung salisilat dan vitamin C. Keduanya efektif menghapus jerawat, mencerahkan, serta memperbaiki kulit yang rusak. Tomat juga mengandung karoten yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan anti inflamasi. Anda dapat menggosok langsung irisan tomat atau mengoleskan ampasnya pada area yang terkena jerawat lalu diamkan 15 menit dan bilas dengan air, lakukanlah setiap hari.





(DEV)