Ada Alasan Ilmiah Kenapa Anak-anak Tidak Suka Makan Sayur

Raka Lestari    •    Kamis, 19 Apr 2018 15:25 WIB
studi kesehatan
Ada Alasan Ilmiah Kenapa Anak-anak Tidak Suka Makan Sayur
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hampir sebagian besar anak-anak pilih-pilih makanan, terutama sayuran. Ternyata, hal itu bisa dijelaskan secara ilmiah. 

Sebuah studi baru menemukan bahwa tidak membiasakan anak makan variasi sayuran bisa menjadi alasan kenapa pada akhirnya mereka tidak menyukai sayuran tertentu.

Jenis sayuran seperti wortel dan ubi jalar adalah yang paling sering digunakan, menurut penelitian tersebut. Sementara itu, tidak banyak orang tua yang memberikan sayuran berdaun hijau gelap sebagai makanan awal yang diberikan pada bayi. 

Dan kenyataannya, makanan bayi umumnya hanya menggunakan satu jenis sayuran dan dengan kandungan yang sangat sedikit, menurut Medical Xpress. Dan jarang yang terbuat dari sayur-sayuran hijau seperti kacang-kacangan atau bayam.

Penelitian serupa yang dilakukan University of Glasgow pada 2015 mengamati 328 makanan bayi di Inggris dan menemukan hal yang sama, yaitu orang tua lebih membiasakan buah dan sayuran manis dibandingkan sayuran hijau seperti bayam untuk makanan bayi. 

"Secara alamiah, bayi memiliki kecenderungan untuk memilih makanan manis. Sedangkan para produsen makanan bayi sangat menyadari permintaan produk-produk yang terlihat sehat, tekanan dari sisi komersial inilah yang membuat produk-produk yang dipasarkan hanya untuk memenuhi permintaan pasar saja. Padahal, untuk memberikan pembelajaran mengenai rasa kepada bayi, orang tua harus memperkenalkan kepada bayi rasa-rasa yang bervariasi meskipun itu tidak terlalu enak atau bahkan sedikit pahit," terang peneliti utama Dr Ada Garcia, dilansir dari  The Guardian.


Lihat video: 




(DEV)