Tujuh Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 13 Jul 2018 16:59 WIB
kesehatan
Tujuh Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat
Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung nutrisi esensial penting seperti vitamin, mineral, dan serat makanan yang mencegah risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Jantung adalah organ penting dalam tubuh di mana kita harus menjaganya supaya tetap sehat. Pola hidup sehat adalah kunci membuat jantung kuat sekaligus menjauhkan gangguan jantung. 

Berikut adalah hal positif untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat yang bisa Anda lakukan sehari-hari. 

1. Pola makan sehat
Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Beberapa bumbu dan rempah alami seperti biji ketumbar, kayu manis, cengkeh, dan jahe sangat bagus untuk jantung Anda. Mereka juga hebat sebagai peningkat rasa.

2. Tidur nyenyak
Usahakan tidur malam selama delapan jam tiap hari. Kurang tidur dapat membuat stres otot jantung sehingga membuat lebih rentan terhadap risiko masalah jantung seperti serangan jantung. Kurang tidur membuat tubuh tidak menghasilkan cukup serotonin (hormon) yang membuat tubuh merasa baik dan sehat, sehingga memicu stres dan keinginan makan lebih banyak dalam sehari.

(Baca juga: Obesitas Tingkatkan Risiko 8 Jenis Kanker)

3. Olahraga 
Gaya hidup yang tidak aktif adalah akar penyebab penyakit jantung koroner. Berolahraga secara teratur mempromosikan penurunan berat badan dan mengurangi masalah kolesterol tinggi atau gula darah tinggi, yang merupakan pemicu untuk masalah jantung.


(Berolahraga secara teratur mempromosikan penurunan berat badan dan mengurangi masalah kolesterol tinggi atau gula darah tinggi, yang merupakan pemicu untuk masalah jantung. Foto: Marion Michele/Unsplash.com)

4. Kurangi stres
Kecemasan dan stres dapat merusak otot-otot jantung. Cobalah berlatih yoga atau meditasi secara teratur untuk menghindari stres.

5. Kurangi asupan natrium
Cobalah mengurangi asupan garam dalam makanan. Hindari menggunakan bahan buatan dalam makanan karena dapat meningkatkan asupan natrium dalam tubuh. Pilihlah makanan yang segar dan hindari makanan olahan atau kalengan seperti jus buah, daging panggang atau daging merah. Makanan yang mengandung pengawet memiliki kadar natrium yang tinggi.

6. Konsumsi makanan segar
Cobalah konsumsi biji-bijian utuh dan nabati murni seperti buah-buahan segar, sayuran segar/organik, kacang-kacangan, atau makanan kaya nutrisi lainnya. Semua makanan tersebut mengandung nutrisi esensial penting seperti vitamin, mineral, dan serat makanan yang mencegah risiko kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. 

Serat makanan yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan kacang-kacangan baik untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mendorong berat badan yang sehat. 

7. Mengatur berat badan
Orang yang obesitas atau kelebihan berat badan berisiko lebih tinggi menderita serangan jantung atau stroke jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga rasio berat badan ideal. Indeks massa tubuh adalah indikator terbaik dari berat badan ideal.

Dengan menurunkan berat badan ekstra, maka pembuluh darah menjadi lebih sehat dan tingkat gila darah dapat lebih terkontrol. 





(TIN)