Mengapa Muncul Mulas Setelah Sarapan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Jul 2018 14:49 WIB
kesehatan pencernaan
Mengapa Muncul Mulas Setelah Sarapan?
"Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi, membuat tubuh lebih sehat sehingga maksimal dalam menjalani aktivitas keseharian," ujar Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, MS. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Beberapa orang merasa mulas sesaat setelah sarapan. Mengapa bisa demikian? "Itu tergantung makanan yang diasup, jadi sarapannya apa dulu?" ujar dr. Ulul Albab, SpOG dalam peluncuran kampanye Energen 'Sarapan Bernutrisi Agar Perut Terisi Siap Konsentrasi', Selasa 31 Juli 2018. 

Menurut perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut, makanan dengan rasa pedas dan asam dapat memicu mulas karena menaikkan asam lambung. 

(Baca juga: Mulai Sarapan Sehat dengan Makanan Ini)

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk tidak mengonsumsi sarapan yang dapat memicu gangguan pada pencernaan tetapi tetap memenuhi 25 persen kebutuhan nutrisi harian. 


(Beberapa orang merasa mulas sesaat setelah sarapan. Ternyata dr. Ulul Albab, SpOG mengatakan bahwa itu tergantung sarapan yang Anda asup. Untuk itu hindari sarapan yang dapat memicu gangguan pada pencernaan. Foto: Rachel Park/Unsplash.com)

Sarapan sendiri penting bagi tubuh untuk mengisi energi yang terbuang selama tidur malam, yaitu sekitar delapan jam, di mana karbohidrat adalah kandungan nutrisi yang cukup penting. 

Dalam satu kali makan, setengah porsi terdiri dari vitamin dan mineral yang terdiri dari sayur dan buah. Kemudian, 20 persen berisi lauk pauk dalam bentuk daging atau ikan, dan sisanya karbohidrat yang tak selalu harus dalam bentuk nasi. 

"Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi, membuat tubuh lebih sehat sehingga maksimal dalam menjalani aktivitas keseharian," tambah Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, MS pada kesempatan yang sama. 




(TIN)