Kebiasaan Sehat agar Si Kecil Terhindar dari Infeksi Saluran Kemih

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 04 Oct 2018 14:28 WIB
tips kesehatan
Kebiasaan Sehat agar Si Kecil Terhindar dari Infeksi Saluran Kemih
(Foto: Momjunction)

Jakarta: Semua orang bisa terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK), termasuk anak-anak. Bakteri yang naik hingga salurang kemih hingga kebiasaan menahan kencing adalah dua faktor memicu ISK pada si kecil. 

Agar si kecil terhindar dari ISK, ini kebiasaan yang harus dilakukan. 

1. Jangan menahan buang air kecil

Bawalah anak ke toilet setiap tiga atau empat jam. Kebanyakan anak senang menahan kencing karena asyik dengan kegiatan yang sedang mereka lakukan. Padahal kebiasaan tersebut memberi kesempatan pada bakteri untuk terus berkembang biak, yang dapat menyebabkan infeksi. 

2. Membersihkan dengan tepat

Perhatikan kebersihan organ vital setelah anak buang air. Selalu membersihkan kelamin dengan pola pembersihan dari depan ke belakang untuk menghilangkan bakteri di area tersebut. 

3. Pilih pakaian yang tepat

Pakaian katun adalah yang terbaik karena membuat sirkulasi udara lancar. Jika anak tidak dapat mengontrol frekuensi ke toilet, cobalah sering mengganti pakaian mereka supaya bakteri tidak tumbuh karena pakaian lembap. 

4. Hindari mandi busa

Mandi penuh sabun berbusa dapat menyebabkan iritasi kulit di sekitar alat kelamin. Cukup mandi dengan air pancur atau mandi seperti biasa saja. 

5. Biasakan banyak minum

Semakin banyak anak minum, semakin sering anak ke toilet. Hal ini sehat bagi organ kemih.

6. Hindari menahan bab

Anak-anak yang menahan buang air besar cenderung menahan kencing. Ketika kotoran berada di bagian bahwa usus besar, bakteri semakin dekat dengan uretra (saluran di mana urin keluar). 


(DEV)