Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Bumil saat Mengidam

Pelangi Karismakristi    •    Sabtu, 30 Jun 2018 08:44 WIB
kehamilan
Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Bumil saat Mengidam
Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Bumil saat Mengidam (Foto: gettyimages)

Jakarta: Bagi Anda yang sedang hamil pasti pernah mengalami mengidam. Apa yang Anda idamkan ini bervariasi, bahkan ada pula bumil mengidam makanan yang sebelumnya tak pernah disukainya.

Tapi perlu Anda ketahui, mengidam adalah cara tubuh mengkomunikasikan kebutuhannya. Ada baiknya Anda menikmati makanan yang didambakan selama kehamilan. Namun, ada beberapa makanan yang menimbulkan bahaya bagi Anda dan janin jika dikonsumsi selama kehamilan.

1. Adonan kue mentah
Sebelum hamil, Anda mungkin gemar mencicipi adonan kue yang baru dicampur. Namun saat hamil, sebaiknya Anda menghindari hal ini. Sebab adonan yang belum matang ini membahayakan Anda dan bayi. Dalam beberapa kasus, adonan yang mengandung telur mentah ini mengandung salmonella dan bakteri berbahaya lainnya. Ini akan menyebabkan infeksi serius bahkan keguguran.

2. Junk food
Meskipun sebagian besar junk food tidak berbahaya bagi Anda secara langsung, namun makanan ini dapat menyebabkan Anda kehilangan nutrisi penting yang diterima dari makanan sehat. Disarankan Anda tak menuruti keinginan makan junk food selama hamil dengan berlebihan.

3. Daging mentah
Beberapa ibu hamil mengidam makanan mengandung daging mentah, seperti steak atau sushi. Padahal daging yang belum sepenuhnya masak ini mengandung banyak bakteri dan parasit. Pada tubuh orang yang normal masih bisa memprosesnya, tapi tidak dengan ibu hamil dan janinnya.

4. Hati
Terlalu banyak mengonsumsi hati hewani tidak baik untuk Anda yang sedang hamil. Hati mengandung vitamin A, dan jika tubuh Anda terlalu banyak vitamin A ini akan mengakibatkan keracunan dan membahayakan bayi.

5. Ikan tertentu
Mengonsumsi ikan memang baik bagi janin. Tapi Anda harus perhatikan untuk memilih ikan yang aman dikonsumsi selama mengandung dan pastikan juga mengonsumsinya dalam keadaan matang. Hindarilah ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti tenggiri, tuna putih, ikan pedang dan hiu. Merkuri ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf bayi yang sedang berkembang dan parahnya dapat mengakibatkan cacat lahir serta anomali perkembangan.

 


(ELG)