Bagaimana Kebisingan Berpengaruh pada Kesehatan?

   •    Rabu, 17 Oct 2018 15:31 WIB
tips kesehatan
Bagaimana Kebisingan Berpengaruh pada Kesehatan?
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1 dari 5 orang secara teratur terpapar kebisingan yang secara signifikan merusak kesehatan mereka. 

Dari mulai suara alarm pada pagi hari, suara mobil di jalanan, hingga suara pembangunan.

Sebuah studi tahun 2009 dalam Jurnal Environment Health Perspective menemukan bahwa kebisingan pesawat menyebabkan tubuh manusia melepaskan kortisol, hormon yang diproduksi ketika tubuh mengalami stres. 

Bagaimana polusi suara memengaruhi kesehatan Anda?

Kebisingan yang berlebihan dapat memengaruhi tekanan darah dan menyebabkan hipertensi, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian. Kognisi dan kesehatan anak-anak juga bisa terpengaruh.

Dilansir dari MNN, risiko serangan jantung meningkat 12 persen untuk setiap 10 desibel kebisingan lalu lintas jalan di dekat rumah. 

Para ahli merekomendasikan dilakukan pengurangan tingkat kebisingan rata-rata lalu lintas jalan di bawah 53 desibel, setara dengan mendengar mesin pencuci piring di kamar sebelah. Pada malam hari, tingkat kebisingan yang direkomendasikan adalah 45 dB. 

Untuk rel kereta api, pesawat terbang, dan kebisingan turbin angin, rata-rata yang direkomendasikan adalah 44 dB hingga 54 dB. Kebisingan pesawat di malam hari disarankan dibatasi hingga kurang dari 40 dB, karena kebisingan yang tinggi dikaitkan dengan penurunan kualitas tidur.

Bagaimana menghindari kebisingan? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain.

1. Pakai penutup telinga

Sepasang penutup telinga yang Anda kenakan saat tidur secara signifikan dapat mengurangi paparan kebisingan yang Anda dengar.

2. Tutup jendela

Jika rumah Anda berada di pinggir jalan, sebaiknya menutup jendela untuk mencegah masuknya suara bising. Jika ingin mendapatkan angin segar, buka jendela saat suasana lebih tenang, antara pukul 10 pagi dan pukul 2 dini hari.

3. Gunakan peredam suara

Anda bisa memasangnya pada dinding atau langit-langit sehingga rumah menjadi kedap suara. Jendela panel ganda juga bisa membantu menyerap kebisingan.
 


(DEV)