Ternyata Rasa Bosan Punya Manfaat untuk Psikologis Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Nov 2018 15:47 WIB
psikologi
Ternyata Rasa Bosan Punya Manfaat untuk Psikologis Anda
Rasa bosan tersebut memiliki manfaat yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. (Foto: Kevin Laminto/Unsplash.com)

Jakarta: Rasa bosan merupakan hal normal yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Namun terkadang ada banyak orang yang merasa bersalah dengan rasa bosan yang mereka alami itu.

Padahal sebenarnya rasa bosan tersebut memiliki manfaat yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Dan menurut Doreen Dodgen-Magee, Psy.D., seorang psikolog dari Amerika Serikat, kebosanan itu penting karena menawarkan ruang untuk lebih menjelajahi pikiran Anda dan mendorong Anda untuk benar-benar terkoneksi dengan diri Anda sendiri. Dan ini adalah beberapa manfaat dari rasa bosan yang bisa Anda alami.

1. Kebosanan mengajarkan Anda banyak hal
Merasa bosan tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk melamun dan menghayal sejenak. Menurut Dodgen-Magee, "Rasa bosan memiliki kekuatan untuk mengurangi rasa cemas terutama mengenai kehilangan, dan juga memberikan kekuatan untuk mengembangkan kapasitas untuk lebih menghargai diri sendiri apa adanya."

Dengan kata lain, merasa bosan dapat mengajarkan Anda untuk merasa baik-baik saja dalam berbagai hal daripada harus cemas memikirkan apa yang belum Anda lakukan.


(Dan menurut Doreen Dodgen-Magee, Psy.D., seorang psikolog dari Amerika Serikat, kebosanan itu penting karena menawarkan ruang untuk lebih menjelajahi pikiran Anda. Foto: Kevin Grieve/Unsplash.com)

(Baca juga: Tanda-Tanda Anda Sudah Bosan dengan Pekerjaan)

2. Kebosanan juga memberikan waktu untuk diri sendiri
Menurut David Barbour, salah satu pendiri perusahaan kesehatan Vivio Life Sciences, mengatakan bahwa dengan merasa bosan berarti Anda memiliki waktu luang yang bisa Anda lakukan untuk memberi kesenangan kepada diri sendiri, dengan bermain game misalnya.

Dalam arti lain, gunakan kebosanan sebagai waktu luang yang dapat Anda habiskan dengan cara apa pun yang Anda inginkan, membaca buku, melakukan hobi baru, dan lainnya.

3. Kebosanan dapat membantu Anda memproses emosi yang rumit
"Kebosanan adalah cara Anda untuk membiarkan perasaan atau keinginan untuk melakukan sesuatu hal," ujar Katie Leikam, LCSW, LISW-CP, seorang terapis dan pemilik True You Southeast.

Ia juga mengatakan bahwa itu juga tentang mengambil kendali, dalam arti bahwa terserah Anda untuk menemukan solusi dan ide untuk apa yang harus dilakukan dengan waktu Anda tersebut.

Menurut Leikam, rasa bosan dapat menjadi kesempatan yang bagus untuk memproses emosi Anda dan mengajarkan Anda untuk merasa nyaman dan percaya diri mengatasi emosi-emosi ini.




(TIN)