Kemampuan Mendengar Si Kecil Sejak dalam Kandungan

   •    Kamis, 06 Dec 2018 13:57 WIB
perkembangan anak
Kemampuan Mendengar Si Kecil Sejak dalam Kandungan
Otak si kecil pun kemudian mengubah pesan ini menjadi informasi suara bermakna sesuai dengan referensi memori bahasa yang dimiliki. (Foto: John Looy/Unsplash.com)

Jakarta: Pendengaran si kecil merupakan salah satu indra yang paling penting. Melalui pendengaran, si kecil belajar soal bahasa dan ini merupakan jalan utama berkomunikasi dan dapat membantu mengenali Anda kelak kemudian hari.

Dalam tubuh bayi di dalam kandungan masih tampak sangat rapuh, tersimpan banyak hal yang sangat kompleks dan berkembang. Bagian salah satu yang paling istimewa adalah telinga, seperti yang dilansir dari BabyCenter.

(Baca juga: Ini Tahapan Minggu ke 28-37 Janin dalam Kandungan Anda)


(Pendengaran si kecil merupakan salah satu indra yang paling penting. Melalui pendengaran, si kecil belajar soal bahasa dan ini merupakan jalan utama berkomunikasi dan dapat membantu mengenali Anda kelak kemudian hari. Foto: Suhyeon Choi/Unsplash.com)

Suara-suara yang didengarkan si kecil di dalam kandungan menyebabkan gendang telinganya bergetar dan diproses oleh telinga bagian dalam menjadi implus listrik. Sinyal ini kemudian dikirim ke otak melalui syaraf pendengaran.

Otak si kecil pun kemudian mengubah pesan ini menjadi informasi suara bermakna sesuai dengan referensi memori bahasa yang dimiliki. Kendati suara pun yang didengar terendam (terutama dari volume cairan ketuban).

Meskipun mata si kecil Anda berkembang, tidak akan bisa melihat dengan baik sebagai mana bayi yang baru lahir. Tetapi tenang saja, si kecil sudah mengenali suara Anda ketika di dalam kandungan.

Maria Fransiska




(TIN)