Susah Tidur, Ikuti Teknik Pernapasan Ini

Torie Natalova    •    Kamis, 08 Nov 2018 09:00 WIB
tidur
Susah Tidur, Ikuti Teknik Pernapasan Ini
Berikut teknik untuk Anda agar mudah untuk tidur. (Foto: Gregory Pappas/Unsplash.com)

Jakarta: Mengalami kesulitan tidur di malam hari, bisa jadi masalah yang sering disampaikan oleh teman, kerabat atau bahkan Anda sendiri.

Sebagian dari Anda mungkin sudah mencoba banyak hal mulai dari menghangatkan ruangan, meredupkan lampu, menjauhkan gawai hingga obat tidur untuk membantu tidur yang nyenyak.

Sebuah teknik lama untuk cepat tertidur yang dilakukan pasukan tentara di Amerika tahun 1980-an kembali dibicarakan. Michael Breus, pendiri The Sleep Doctor mengatakan kemungkinan teknik tersebut tidak akan bekerja efektif untuk populasi yang sedikit atau seorang diri.

Namun, itu tidak berarti bahwa latihan pernapasan tidak akan membantu Anda tidur. Sebaliknya, Dr Breus merekomendasikan latihan pernapasan yang dirancang untuk memperlambat detak jantung Anda. 

(Baca juga: Alasan Eksim dapat Mengganggu Kualitas Tidur Malam Anda)


(Dr Breus merekomendasikan latihan pernapasan yang dirancang untuk memperlambat detak jantung Anda. Tujuannya agar Anda mudah untuk tidur. Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

Karena pada dasarnya tubuh membutuhkan denyut jantung di bawah 60 untuk masuk ke dalam keadaan tidur. Selama tidak tidur, detak jantung rata-rata berkisar 60-80 denyut per menit.

Berikut cara melakukannya yang sering disebut teknik 4-6-7:
- Tarik napas selama hitungan 4 detik
- Tahan napas selama 6 detik
- Hembuskan napas selama 7 detik

Ini akan memakan waktu antara 10-20 menit untuk tertidur. Dr Breus mengatakan bahwa jika Anda dapat tertidur cepat, itu sebenarnya tanda bahwa Anda kurang tidur.





(TIN)