Mandi Air Hangat Bisa Membakar Kalori Seperti Bersepeda

Torie Natalova    •    Senin, 19 Jun 2017 11:04 WIB
studi kesehatan
Mandi Air Hangat Bisa Membakar Kalori Seperti Bersepeda
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mandi air hangat terlalu sering memang dapat membuat kulit menjadi kering. Namun, lebih banyak dampak positif, salah satunya badan dan pikiran terasa rileks.

Penelitian baru pun mendukung manfaat positif mandi dengan air hangat, yang ternyata juga dapat membakar lemak layaknya berolahraga.

Peneliti di National Centre for Sport and Exercise Medicine University of Loughborough, UK, memberikan tugas pada 14 pria untuk bersepeda atau mandi selama satu jam. Kesimpulannya, mereka yang menghabiskan waktu berendam
selama satu jam mendapatkan manfaat kesehatan yang sama dengan mereka yang berolahraga.

Sementara, mereka yang berolahraga sepeda secara alami membakar lebih banyak energi sekitar 140 kalori atau sama dengan jalan kaki 30 menit. Selain itu, penelit juga mengatakan bahwa mereka yang mandi air hangat memiliki kemampuan memperbaiki gula darah yang sama seperti mereka yang bersepeda.

Menurut penulis utama penelitian, Steve Faulkner, ilmu pengetahui akhir-akhir ini mulai mengerti bagaimana pemanasan pasif (yang tidak berasal dari olahraga) dapat meningkatkan kesehatan.


(DEV)