Musisi India Jalani Operasi Sambil Bermain Gitar

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 22 Jul 2017 15:07 WIB
kesehatan
Musisi India Jalani Operasi Sambil Bermain Gitar
Ilustrasi bermain gitar (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang musisi berusia 37 tahun dari Bengaluru di India menjalani operasi otak di sebuah rumah sakit swasta sambil bermain gitar.

"Kami melakukan operasi sirkuit otak pada Abhishek Prasad untuk merangsang jari-jari tangan kiri bersamaan dengan ia bermain gitar pada 11 Juli," ujar ahli bedah saraf Sharan Srinivasa dari Bhagawan Mahaveer Jain Hospital, seperti dilansir The Health Site.

Prasad menunjukkan kemahirannya sembilan hari setelah melakukan operasi untuk membuktikan keberhasilan operasi tersebut di mana keempat jarinya bisa befungsi dengan baik.

Operasi sirkuit otak tersebut merupakan pertama kalinya di India. Operasi ini memasukkan eletroda berukuran 8-9 cm melalui lubang sebesar 14 mm ke dalam otak dan menstimulasi sebuah pembuluh darah khusus pada lokasi tepat untuk menghindari efek samping atau komplikasi.

Setelah mengkonfirmasi ulang lokasi target, lesi frekuensi radio dibuat dengan menggunakan mesin ablasi Radio Frekuensi.

"Saat operasi, Prasad dalam keadaan sadar dan bermain gitar, karena gangguan yang dialaminya mengganggu ketika mencoba bermain instrumen. Respon balik yang nyata penting untuk memastikan lokai yang tepat," tukas Srinivasan.

Sebelum operasi, Prasad melakukan MRI (magnetic resonance imagery) untuk mendampingi ablasi, yang membuatnya mampu menyadari gejala yang dialaminya saat operasi.

Gangguan langka tersebut terjadi satu persen pada musisi profesional. Operasi adalah satu-satunya jalan untuk mengobati hal tersebut karena belum ada obat-obatan untuk mengatasinya.


 


(ELG)