5 Pikiran Negatif yang Membuat Penampilan Menua

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 01 Sep 2017 11:15 WIB
kesehatan kulit
5 Pikiran Negatif yang Membuat Penampilan Menua
Penuaan bisa diperlambat dengan gaya hidup sehat. (Foto: Erika Schawernoga/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menua adalah hal yang tak bisa dihindarkan. Namun, penuaan bisa diperlambat dengan gaya hidup sehat. Meski bisa diperlambat, penuaan juga bisa datang lebih cepat karena pengaruh psikologis atau mental. Berikut adalah beberapa pikiran negatif yang mendatangkan keriput lebih cepat.

1. Sinis

Ciri utama dari sinis adalah meragukan niat baik seseorang dan tak percaya pada siapa pun. Akibatnya, orang yang sinis cenderung tak memiliki banyak teman.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa telemor dapat memendek jika perasaan sinis dan penuh permusuhan terus muncul dalam pikiran. Selain itu, pikiran negatif tersebut juga dapat menimbulkan serangan jantung. 

Telomer adalah topi protein yang dapat memperlambat penuaan seluler, memperbaiki kesehatan secara keseluruhan, dan bahkan memperpanjang usia. 



2. Pesimis

Seorang pesimis selalu melihat suatu hal lebih buruk, bahkan dalam situasi terbaik, dan tak pernah melihat ke arah kesempatan. Sebuah studi menemukan bahwa seorang pesimis memiliki telemor yang lebih pendek dibandingkan orang optimistis. 

(Baca juga: Selain Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh)



3. Menyesali masa lalu
Kebanyakan orang menyesali masa lalu, meski terlihat bahagia dengan saat ini. Jika pikiran tersebut terus muncul, maka hal tersebut bisa menyebabkan depresi dimana berujung pada pemendekan telemor. 



4. Menekan pikiran
Meskipun menyesali masa lalu, memikirkannya secara berlebihan juga dapat memberi efek buruk. Setelah menyesali hal-hal masa lalu, cobalah melewatinya dan menjalani hidup saat ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh pakar meditasi Zen menemukan bahwa mereka yang berdamai dengan masa lalu memiliki telomer lebih panjang.



5. Melamun
Sebuah penelitian menemukan bahwa sering melamun menandakan seseorang tak bahagia. Bukti ilmiah tersebut menguji 239 wanita sehat dan menemukan mereka yang senang melamun memiliki telemor yang lebih pendek. 










(TIN)