5 Sumber Kalsium yang Baik untuk Calon Ibu Hamil

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 08 Sep 2017 07:00 WIB
kalbe nutritionals
5 Sumber Kalsium yang Baik untuk Calon Ibu Hamil
Wanita disarankan minum empat cangkir susu sehari agar memenuhi kebutuhan kalsium harian (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu asupan nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil maupun wanita yang tengah mempersiapkan kehamilan adalah kalsium. Sebuah studi menunjukkan, kalsium punya banyak manfaat yang baik bagi ibu hamil maupun calon bayi.

Kalsium baik untuk mencegah masalah yang berkaitan dengan tulang, misalnya osteoporosis. Sementara, untuk perkembangan janin, kalsium berperan dalam pembentukan tulang, gigi, otot dan saraf.

Lebih dari itu, kalsium juga membantu melancarkan peredaran darah dan sistem syaraf. Bahkan sebuah studi mengungkapkan jumlah kalsium yang cukup dalam tubuh dapat memperbaiki fungsi jantung, enzim dan mengatur fungsi otot, utamanya ketika relaksasi dan kontraksi.

Lalu dari mana saja sumber kalsium yang baik untuk kehamilan? Yuk, simak daftar makanan di bawah ini:

1. Kacang Almond

Kacang-kacangan terutama kacang almond memiliki kandungan kalsium yang baik, yakni sekitar 88 mg per seperempat cangkir. Almond bisa juga dijadikan camilan maupun olahan lainnya. Selain kalsium, almond memiliki nutrisi lain yang bermanfaat bagi kehamilan, seperti vitamin E, magnesium dan seng. Lemak mono tak jenuhnya juga aman bagi jantung, jadi tak perlu khawatir mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung 180 mg kalsium per kaleng yang berisi 3 ons. Tak hanya kaya akan kandungan kalsium, salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan otak. Bagi Anda yang tak menyukainya, bisa menikmatinya dalam bentuk olahan kue atau lainnya agar bisa mendapat kebaikan dari manfaat ikan salmon.

3. Bayam

Sayuran hijau ini ternyata memiliki kandungan kalsium sebanyak 120 mg per mangkuk yang dimasak. Para wanita yang sedang melakukan diet tanpa susu atau yang menghindari laktosa, biasanya memanfaatkan bayam sebagai sumber kalsium. Bayam juga mengandung folat, besi dan beta karoten.

4. Yoghurt

Sebanyak 8 ons yoghurt memiliki kandungan kalsium hingga 450 mg, namun ini bergantung pada merek dan apakah memiliki perasa atau plain. Yoghurt juga punya nutrisi lainnya, yakni probiotik yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Susu

Susu mengandung 300mg kalsium per cangkir. Anda disarankan untuk meminumnnya paling tidak empat cangkir sehari agar memenuhi kebutuhan kalsium harian. Dalam sebuah penelitian, wanita di Amerika tidak mendapatkan pasokan kalsiun yang cukup. Maka mereka disarankan agar mengkonsumsi susu sehari empat kali dibarengi dengan makanan kaya kalsium lainnya.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan, dapat meminum susu khusus yaitu PRENAGEN esensis, karena bukan hanya Kalsium saja yang terkandung dalam PRENAGEN esensis, melainkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan terkandung di dalamnya.

PRENAGEN esensis mengandung Zinc untuk menjaga kesehatan reproduksi dan Asam Folat yang dipercaya membantu mencegah cacat tabung syaraf otak. Kandungan Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Vitamin D didalamya dapat membantu menjaga kepadatan tulang, dan Zat Besinya sudah dimikroenkapsulasi sehingga dapat diserap lebih banyak oleh tubuh yang fungsinya untuk mencegah anemia.

PRENAGEN esensis juga rendah lemak, jadi tak perlu khawatir gemuk selama mengonsumsinya dan tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu coklat, vanila, dan moka.


 


(ROS)