Batuk Merupakan Gejala Penyakit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 26 Jul 2017 15:52 WIB
kesehatan
Batuk Merupakan Gejala Penyakit
(Foto: BT)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski tak sedikit jenis batuk ternyata berbahaya, tak semua orang memiliki kesadaran untuk memeriksakan batuk. Masih banyak yang menganggap batuk sebagai penyakit biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya meski tak minum obat.

Anggapan demikian jelas keliru.

"Batuk sebenarnya bukan penyakit, namun gejala dari penyakit. Selain itu, sifatnya sebagai protektif dalam tubuh," jelas dr Fauziah Fardizza, Sp THT-KL (K) selaku dokter spesialis THT RS Dr. Cipto Mangunkusumo dalam peluncuran OB Herbal Ziplong, Rabu (26/72017).

Batuk adalah mekanisme dalam tubuh untuk menghilangkan partikel-partikel asing yang menghalangi jalan ke sistem pernapasan, seperti debu dan asap yang setiap hari terpapar ke tubuh. Gangguan tersebut mengiritasi jalan napas sehingga muncul lendir pada bagian tersebut.

"Jadi kalau mau batuk, jangan ditahan. Batukkan saja," sarannya.

Namun, seperti sudah disebutkan di atas, batuk merupakan salah satu gejala penyakit. Oleh karena itu, bila menunjukkan hal-hal yang tak wajar. Beberapa pertanda yang perlu diwaspadai adalah batuk lebih dari dua minggu, demam, dan rasa nyeri pada tingkat tertentu.

"Bila diukur dengan skala visual analog (VAS) dan rasa nyeri berada di angka 5 dari 1-10, maka sebaiknya dibawa ke tenaga medis untuk diperiksa lebih jauh," pungkasnya.




(DEV)