Studi: Aktivitas Sosial Lebih Ampuh dari Resep Obat

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Jul 2017 12:29 WIB
studi kesehatan
Studi: Aktivitas Sosial Lebih Ampuh dari Resep Obat
(Foto: Procom)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa meresepkan aktivitas sosial non-medis membantu penyembuhan pasien dengan masalah kesehatan jangka panjang menjadi lebih baik.

Beberapa aktivitas tersebut antara lain pergi ke gym, jalan-jalan bersama kelompok, berkebun, memasak bersama, dan menjadi relawan.

Penelitian mendalam dari Newcastle University menyebutkan bahwa kunci kesuksekan tersebut adalah 'Pekerja Penghubung (Link Worker)', orang yang membantu penderita memilih aktivitas dan mendukung mereka melakukan program tersebut.

Peneliti Suzanne Moffatt menyebutkan bahwa penelitian tersebut mendemonstrasikan bahwa resep sosial - seperti menawarkan seorang penderita penyakit jantung untuk bergabung dengan klub berkebun - ternyata ampuh.

"Para partisipan merasa resep sosial membuat mereka lebih aktif, membantu menurunkan berat badan, membuat rasa cemas dan terisolasi berkurang, sehingga mereka merasa lebih baik," tukasnya.

Studi tersebut juga menggarisbawahi pentingnya individu tertentu, yaitu pekerja penghubung, yang membantu orang-orang dengan masalah seperti kesejahteraan, keuangan, dan rumah tangga; sehingga membantu hidup para partisipan secara keseluruhan.

Sistem kesehatan Ways to Wellnes telah memberlakukan resep sosial dengan adanya dukungan dari Pekerja Penghubung sejak April 2015.

Studi tersebut mewawancara 30 dari 2.400 orang yang telah menggunakan pelayanan tersebut. Mereka melaporkan bagaimana mereka secara mendalam telah terpengaruh, baik fisik, emosional, dan sosial.

Mereka menceritakan secara detail efek fisik yang dialami seperti nyeri, masalah tidur, efek samping obat-obatan, dan masalah fungsional lain sehiangga menyebabkan mereka menjadi depresi dan merasa cemas jika masalah tersebut akan memburuk ketika mereka menua.

Bekerja dengan pekerja penghubung membuat mereka menemukan aktivitas yang tepat dan mendapat dukungan dalam hal masalah finansial sehingga mereka kepercayaan diri dan kemandirian mereka muncul.  

Aktivitas seperti berkebun, klub dansa, dan pekerjaan relawan membantu mereka menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran. Selain itu, mereka tak lagi merasa terisolasi secara sosial dan tingkat keyakinan diri semakin positif.


(DEV)