10 Cara Memanfaatkan Sisa Makanan Agar Tak Terbuang

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Sep 2017 15:03 WIB
tips & trik
10 Cara Memanfaatkan Sisa Makanan Agar Tak Terbuang
(Foto: Naturalgreenmom)

Metrotvnews.com, Jakarta:  Menurut United States Department of Agriculture (USDA), keluarga Amerika rata-rata membuang-buang makanannya yang jika dihitung bisa senilai USD1500 setiap tahunnya.

Hal tersebut tentunya sangat disayangkan mengingat masih banyak negara-negara yang mengalami kelaparan dimana-mana, bahkan untuk mendapatkan makanan yang layak pun sulit.

Berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk mengurangi sisa makanan agar tidak terbuang

1. Tuangkan sisa smoothie Anda ke dalam tempat membuat es batu. Masukkan ke dalam lemari pendingin sampai membeku. Jika sewaktu-waktu Anda menginginkannya, taruh dalam gelas sampai mencair.

2. Masukkan jus dari buah kalengan ke dalam cetakan es krim lalu beri tangkai es krim. Es krim buatan sendiri pun sudah jadi.

3. Simpan permen dari sisa-sisa pemberian atau sisa pesta untuk menghias kue di lain waktu.

4.  Jika Anda memotong pinggiran-pinggiran roti, dan bingung mau digunakan untuk apa. Masukkan sisa pinggiran roti ke dalam food processor lalu panggang dan bisa dijadikan tepung roti

5. Sajikan makanan siang kemasan yang tidak termakan sebagai cemilan.

6. Gunakan sisa sereal, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering yang dicampurkan bersama pretzel atau biskuit untuk membuat camilan sendir ala rumahan.

7. Jika anak Anda tidak memakan sayurannya saat makan malam, simpan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam lemari pendingin. Anda bisa menggunakannya untuk membuat kaldu sayuran, atau saus pasta.

8. Cuci dan masukan buah tersisa ke dalam kulkas, kemudian bisa digunakan untuk membuat smoothie atau campuran waffle.

9. Kupas pisang yang sudah terlalu masak dan masukkan ke dalam kulkas yang bisa digunakan untuk membuat smoothies pisang.

10. Simpan sisa-sisa biscuit atau keripik lalu hancurkan dan gunakan sebagai topping tambahan untuk makaroni keju.




(DEV)