Peran Penting Tidur Siang Bagi Anak

Torie Natalova    •    Jumat, 23 Sep 2016 10:56 WIB
kesehatan anak
Peran Penting Tidur Siang Bagi Anak
Kurang tidur pada anak bisa berdampak bagi kesehatannya. (Foto: Usnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur bagi anak-anak memiliki peran penting untuk pertumbuhan mereka. Sayangnya, ketika anak beranjak besar, waktu tidur khususnya tidur siang sering dilewatkan. 

Kebanyakan dari mereka lebih memilih main daripada tidur siang. Begitupun saat malam tiba. Anak-anak seringkali tidur terlalu malam, akibatnya keesokan paginya, sulit dibangunkan.

Seorang ahli saraf di SickKids Toronto mengatakan, kurang tidur pada anak bisa berdampak bagi kesehatannya. Anak berisiko mengalami hiperaktif, masalah memori dan pelajaran, serta perubahan hormon berbahaya yang berkaitan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2 dan hipertensi.

(Baca juga: 8 Manfaat Mandi Air Hangat Sebelum Tidur)

Anak dengan usia antara 5 - 13 tahun, direkomendasikan untuk tidur selama 9 - 11 jam setiap malam. Sementara untuk remaja, setidaknya tidur selama 8 - 10 jam setiap malam.

Di masa remaja yang sedang pubertas, sulit untuk mengatur jadwal tidur malam mereka secara konsisten. Biasanya, saat malam Minggu atau Sabtu, mereka tidur lebih larut malam dibanding hari biasa.

Para ahli juga merekomendasikan orangtua untuk menjauhkan anak dari gadget atau smartphone sebelum tidur. Cobalah ajak anak Anda untuk berbincang seputar kegiatan akademik dan ekstrakulikuler mereka di sekolah.






(TIN)