Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 06 Sep 2018 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi di dalam tubuh berbahaya karena dapat membentuk plak sehingga menghambat aliran darah dan memperbesar risiko penyakit jantung. Untuk mengontrolnya, Anda bisa melakukan beberapa langkah, seperti mengubah gaya hidup dan rutin berolahraga.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan. Disarankan Anda tak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Makanlah makanan yang tinggi serat. Misalnya, sayur, buah, dan ikan yang kaya omega-3. 

Berikut ini, tujuh buah yang dapat membantu Anda mengontrol LDL dalam tubuh.

1. Tomat

Tomat pilihan yang baik untuk mengurangi kolesterol, risiko jantung, dan tekanan darah tinggi. Buah ini kaya vitamin A, B, C, dan K. Selain itu, tomat juga menyehatkan mata dan kulit. Konsumsilah secara teratur.

2. Apel

Selain rasanya enak, apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan anti oksidan polifenol dan serat pektin. Apel juga dipercaya dapat mengurangi LDL jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin C, B5, B6, E dan K. Buah ini akan membantu memelihara kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, dan mengatur kadar LDL serta HDL.

4. Pepaya

Buah ini terkenal dengan kandungan serat yang tinggi. Pepaya membantu mengatur kadar LDL dan mengurangi tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan, satu pepaya besar (750 gram) memiliki 14 gram serat. 

5. Buah Sitrus

Anda bisa mengonsumsi buah sitrus seperti jeruk dan lemon. Ia bermanfaat untuk mengurangi hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah-buahan jenis ini mengandung serat pektin dan senyawa limonoid yang bisa mencegah arteri mengeras.

6. Anggur

Anggur mengandung senyawa pterostilbene dan serat pektin untuk mengurangi kadar LDL tinggi, serta trigliserida dalam tubuh. 

7. Stroberi

Stroberi kaya akan serat pektin yang berguna untuk menurunkan LDL.

Untuk mengurangi dan membantu mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh, Anda juga bisa memilih cara yang lebih praktis dan telah teruji secara klinis, yakni mengonsumsi Nutrive Benecol. Nutrive Benecol merupakan minuman smoothies yang hadir dalam beberapa varian rasa, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee.  

Nutrive Benecol telah teruji klinis membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Kandungan Plant Stanol Ester (PSE) di dalamnya terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol, karena struktur PSE yang seperti kolesterol mampu memblokade penyerapan kolesterol pada sistem pencernaan. Jadi, Anda tak perlu ragu mengonsumsi Nutrive Benecol setiap hari.


(ROS)